Masmoe – Banyak sekali Peluang Usaha yang bisa kita lakukan untuk mencapai sebuah kesuksesan. Tidak menutup kemungkinan jika anda berada di Desa sekalipun. Banyak sekali peluang usaha di desa yang sangat meguntungkan.

Mungkin ada beberapa diantara kita yang berfikir bahwa usaha yang menguntungkan itu hanya untuk orang yang bertempat tinggal di kota. Ternyata tidak, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kita jalankan di desa atau kampung. Buktinya sudah banyak kisah sukses pebisnis desa yang bisa kita baca dari berbagai media.

Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa peluang bisnis di kota itu lebih baik, memang ada yang benar tetapi ada juga yang tidak. Jika target pasar yang ingin dijangkau dalam skala besar dan biar kelihatan besar memang di kota adalah solusinya. Karena di Kota akses untuk kemana-mana lebih cepat dan lebih mudah jika dibandingkan dengan berada di Desa.

Akan tetapi di desa juga memiliki kesempatan untuk sukses, yakni dengan membuka usaha sendiri. Asalkan kita mau berusaha dan belajar mengembangkan diri untuk terus maju.

Berikut Masmoe sajikan beberapa peluang usaha yang bisa kita kejakan di desa. Ide berikut ini di tujukan bagi anda yang ingin menjadi pengusaha sukses. Jangan ngira orang desa tidak bisa sukses lho.

  1. Membuka Usaha Pertamini atau Pom Bensin Mini Portable

Bahan bakar sudah menjadi kebutuhan utama di semua kalangan masyarakat, tidak terkecuali masyarakat yang tinggal di desa. Dengan banyaknya kendaraan dan tidak tersedianya pom bensin di desa ini menjadikan peluang untuk kita bisnis Pertamini.

Sering kali ketika kita main ke desa, sangat sulit untuk menemukan pom bensin. Nah karena kebutuhan BBM yang cukup tinggi dikalangan masyarakat Desa dan dengan bertambahnya kendaraan atau alat pertanian di desa maka peluang bisnis cukup menjanjikan. Dengan adanya hal tersebut anda bisa memanfaatkannya untuk memulai sebuah bisnis Pom Bensin Mini.

Pom bensin mini memang lebih menarik jika dibandingkan dengan kios konvensional. Sekarang ini anda bisa mencari peralatan pertamini dengan mudah. Perkembangan pertamini di desa bisa di bilang lumayan bagus.

  1. Membuka usaha Peternakan Kroto

Bagi anda yang hobi beternak. Anda bisa mencoba usaha budidaya kroto. Kroto yaitu semut rangrang. Harga per kilo gram telur semut ini sangt mahal, karena keberadaannya dia lam lepas sudah jarang ditemukan. Sementaara kebutuhan telur semut kroto ini sangat tinggi, seperti ntuk pakan ikan dan burung.

Cara beternak kroto biasanya dilakukan dengan membuat rak, lalu sediakan toples untuk tempat bertelur. Biasanya dalam satu toples bisa menghasilkan panen sekitar 1h hingga 2 ons. Untuk periode panen ternak kroto sekitar 15 – 20 hari, dan itiu tergantung dari cara perawatan yang anda lakukan. Nah semakin banyak jumlah toples yang anda bauat, tntu jumlah panen bisa lebih banyak lagi.

  1. Membuka Jasa Bimbingan Belajar

Sekarang ini kesadaran akan betapa pentingnya pendidikan semakin tinggi. Peluang usaha bimbel mungkin cukup popular di wilayah pedesaan. Akan tetapi, jika memang tingkat kebutuhan pendidikan tinggi, anda bisa memulai usaha ini di daerah pedesaan.

Jika anda menguasai computer, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bimbel computer. Anda bisa menyediakan peralatan computer lalu mengajarkan mereka sesuai dengan modul pembelajaran yang erign kita temui pada kursus – kursus computer.

Selain bidang computer, masih banyak jenis bimbel yang lain seperti bidang pelajaran matematika, bahasa inggris dan lainnya.

  1. Membuka Usaha Warung Kelontong

Toko kelontong  juga termasuk usaha di desa yang lumayan menjanjikan dan banyak diminati. Terutama bagi daerah yang sedang berkembang. Namun yang perlu kamu tahu, Warung kelontong ini tidak hanya bisa menjual berbagai macam kebutuhan pokok saja.

Kamu bisa memberi tambahan dengan menjual berbagai makanan ringan dan segar seperti Jus, Sup Buah, Pulsa, dan lain sebagainya yang bisa digabungkan dengan warung kelontong.

5. Jualan Sayur

Selain toko sembako yang sudah banyak ada di desa, kamu bisa membuka toko khusus sayur loh. Yang perlu kamu lakukan cuman bangun lebih pagi dan belanja di pasar saat subuh dan menjual daganganmu ke tetangga saat mentari mulai terbit.

Modal usaha yang diperlukan pun gak bakalan nyampe satu juta loh. Kamu bisa mulai berjualan keliling untuk mengenalkan kepada tetangga, selain itu juga kamu cukup menaruhnya lesehan aja di bagian rumah yang kosong / teras rumah.

Yang perlu kamu ingat, kamu harus mempertimbangkan juga jarak rumah / desa dengan pasar, kalau jaraknya dekat bisa dengan jalan kaki maka jualan sayur ini pasti sepi peminatnya. Karena kebanyakan warga desa akan kepasar sendiri.

Itulah beberapa peluang usaha yang bisa anda kerjakan di desa. Untuk bisa sukses di usaha yang kita jalankan, faktor terpentingnya adalah seberapa keras kita berusaha, sabar, tekun dan terus berusaha untuk mengembangkan diri agar bisa mencapai kesuksesan.

Yang kita perlukan untuk mencapai sebuah kesuksesan adalah terus belajar dan selalu berusaha keras untuk membuat usaha kita sukses. Jangan lupa untuk selalu evaluasi apa yang sudah kita lakukan dan lakukan lagi lebih giat berdasarkan apa yang sudah kamu evaluasi. ( Mita / Masmoe )


administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.