Obatilah patah hatimu dengan Pesona Kedungjati.

Bantul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki beragam destinasi tempat wisata. Bantul menawarkan destinasi wisata budaya maupun keindahan alamnya. Obyek wisata alam seperti Pantai Parangtritis sudah sangat tersohor dimana-mana.

Selain pantai, ada juga gua dan sungai yang belum banyak orang tahu. Salah satu destinasi wisata sungai yang dapat memberikan sensasi luar biasa adalah Pesona Kedungjati. Perlu diketahui, Pesona Kedungjati berada di Dusun Kedungjati, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Sumber Foto : @pinkanbeny34
Sumber Foto : @pinkanbeny34

Pesona Kedungjati ini tak kalah dari Ngarai Sianok di Bukit Tinggi. Dulur-dulur dapat menikmati bentang alamnya yang indah. Pesona Kedungjati adalah sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit karst hijau dihiasi aliran sungai di tengahnya. Aliran Sungai Oyo ini membentang dari Gunung Kidul hingga akhirnya bermuara di Pantai Selatan Jawa.

Pesona Kedungjati memiliki udara yang bersih, sejuk, serta memiliki latar suara gemercik aliran sungai yang menenangkan. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk melepas beban pikiran dari rutinitas sehari-hari. Banyak juga warga Bantul yang mengisi akhir pekan mereka dengan berolahraga disekitar Pesona Kedungjati. Olahraga yang biasa dilakukan di area Pesona Kedungjati antara lain bersepeda dan jogging. Ada juga yang memilih untuk bermain air, camping dipinggir sungai dan menyewa perahu untuk menikmati Pesona Kedungjati.

Jika dulur-dulur tertarik untuk menikmati Pesona Kedungjati dengan susur sungai, maka tak perlu ragu untuk memilih paket wisatanya. Dengan menggunakan perahu karet atau kanoe, dulur-dulur dapat menyusuri aliran Sungai Oyo. Tenang saja, keamanan saat menaiki perahu dijamin betul oleh pemandu wisata. Ada dua jenis paket yang ditawarkan oleh pengelola wisata Pesona Kedungjati, yaitu short trip dan long trip. Paket short trip dapat dulur-dulur nikmati dengan menaiki perahu yang mana jarak tempuhnya mencapai 1 Kilometer dengan biaya 150.000 rupiah per perahu. Sedangkan untuk paket long trip jarak tempuhnya kurang lebih mencapai 5 Kilometer dengan biaya 250.000 rupiah per perahu.

Foto by Sulkhan Fadhil
Foto by Sulkhan Fadhil

Adapun akses menuju Pesona Kedungjati sangatlah gampang. Jika dulur-dulur dari arah Kota Jogja menuju ke Imogiri, maka dulur-dulur bisa mengambil rute menuju Panggang, Gunung Kidul. Setelah sampai di SMP N 3 Imogiri, dulur-dulur ambil arah kiri menuju Selopamioro Adventure Park. Rute Selopamioro Adventure Park ini sangat disukai oleh pesepeda. Ditiap akhir pekannya, banyak pesepeda yang lalu lalang ditempat ini.

Mudah bukan rutenya? Tak butuh waktu lama untuk sampai di sana, dulur-dulur. Selanjutnya, rasakan keindahan dari panorama Pesona Kedungjati. Niscaya suasana di sana mampu menyejukkan jiwa dan mengobati hati yang luka. Jadi, obatilah patah hatimu dengan Pesona Kedungjati. Dijamin berhasil sembuh! (Nasrudin Muzakki)


administrator

I like traveling and writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.