Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti Yogyakarta

Pantai Pulang Sawal

Masmoe, Pantai Pulang Sawal satu diantara pantai yang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini udah lama jadi lokasi wisata buat wisatawan Gunungkidul. Panorama laut dan pasir putih yang disediakan jadi daya magnet penting.

Beberapa orang lebih kenal pantai ini bernama Indrayanti. Nama sah dari pemerintahan di tempat sesungguhnya merupakan Pulang Sawal. Tapi, nama Indrayanti sudah telanjur menempel buat turis. Lepas dari perbincangan namanya, kecantikan pantai ini benar-benar patut untuk dicoba.

Pemandangan Pantai Pulang Sawal yang elok jadi argumen jumlah turis yang bertandang. Pengunjung yang ada kesini dapat dimanja oleh panorama bentangan pasir putih berbaur dengan laut yang biru. Bukit karang yang mengapit ke-2  segi lengkapi kemegahannya.

Menghadap langsung ke Samudera Hindia, lautnya memanglah tidak tenang. Pantai ini termaksud kerap di terpa angin kuat. Garis pantainya termaksud yang amat lebar di wilayah Gunungkidul. Gak jauh dari bibir pantai, jejeran kios dinaungi barisan pohon kelapa dan pohon palem.

Pantai Pulang Sawal punyai kontur area yang cukup miring. Meskipun tidak luas, tapi garis pantainya cukuplah lebar. Tak seperti rata-rata pantai di Gunungkidul yang lain, Pulang Sawal kurang bentangan karang.

Oleh karena itu, pantai ini sangatlah sesuai untuk wisata keluarga. Arus lautnya memanglah cukup kuat, tapi ombaknya selalu aman untuk dicicipi. Pengunjung cukup berwaspada biar tak bermain begitu ke tengah laut.

Pasir pantainya bersih dan halus. Siapa-siapa saja dapat sukai jalan-jalan di sejauh pantai ini. Anak-anak dapat bermain pasir atau cari kerang. Kalau penat, istirahatkan badan di satu diantaranya payung pantai yang siap di sini.

Sesaat perihal Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal satu diantara pantai yang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini telah lama jadi lokasi wisata untuk wisatawan Gunungkidul. Panorama laut, udaranya yang asyik dan pasir putih yang disediakan jadi daya magnet penting.

Dengan argumen pemandangan Pantai Pulang Sawal yang elok ini, tidaklah mengherankan banyak turis yang gak pengen tidak ada kalau bertandang ke Yogyakarta, menyenggangkan diri ada ke pantai ini. Benar-benar satu panorama yang mengagumkan, memandang bentangan pasir putih berbaur dengan laut yang biru dan paduan kekhasan bukit karang yang mengapit ke-2  segi, lengkapi kemegahan pemandangan pantai ini.

Manalagi pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia, yang situasi lautnya sangatlah fenomenal gempar serta tidak tenang, maka dari itu suara gelombang serta buih ombaknya nampak sensasional.

Pantai Pulang Sawal memanglah tidak aman buat berenang. Ombaknya lumayan besar serta arus lautnya deras. Tapi, ada rutinitas sengit yang lain yang dapat dicoba seperti sewa jetski serta nikmati debur ombaknya. Pelancong dapat didampingi oleh pemandu maka dari itu aman di atas jetski yang meluncur cepat ini.

Kontur tempat Pantai Pulang Sawal cukup agak miring dengan garis pantainya termaksud amat lebar di wilayah Gunungkidul ini. Kesejukan sangatlah terang dengan barisan pohon kelapa serta pohon palem yang tampak elok tertib dalam bebatan bibir pantai. Pantai ini tersohor dengan eksotisme kemegahannya serta pantai ini pula tersohor jadi pantai yang amat bersih.

Pantai ini lebih dikenali beberapa orang bernama Pantai Indrayanti. Indrayanti sendiri sebagai nama suatu cafe yang berada di dekat pantai. Dulu banyak turis yang ada ke pantai ini serta tiap saat lapar serta haus nyata mampir ke cafe Indrayanti.

Lantaran tempatnya sangatlah dekat serta bersisihan dengan bibir pantai, selanjutnya beberapa pengunjung lantas menyebutkan pantai ini merupakan Pantai Indrayanti, maka dari itu nama itu jadi tersohor dibandingkan dengan nama asli pantai ini.

Pantai Pulang Sawal memberikan panorama fantastis berbentuk bentangan pasir putih yang luas yang berbaur dengan birunya air laut, serta masalah ini bisa dicicipi dari ketinggian atas bukit. Di saat Pelancong masuk sisi barat dari pintu masuk pantai, Pelancong dapat memandang gunungan batu karang yang lumayan besar serta cantik.

Batu karang itu ibarat gerbang ketujuan pantai berpasir putih yang lumayan luas yang masih jadi sisi dari Pantai Pulang Sawal ini.

Nach, kemegahan laut serta pantai di sini lantas gak kalah mempesonanya di saat disaksikan di atas bukit karang ini. Ada satu bukit pada sisi timur yang dapat dinaiki dengan melintasi jalan setapak buat memandang daya pikat kemegahan laut ini dari ketinggian. Hijaunya tanaman yang tumbuh di bukit karang itu lantas meningkatkan eloknya pantai ini.

Liburan di Pantai Pulang Sawal

Nama Indrayanti berawal dari nama suatu restaurant di wilayah pantai ini. Restaurant ini udah berdiri lama dan jadi sama dengan lambang wisata. Kecuali restaurant, Indrayanti pula sebagai cafe dengan rencana outdoor.

Tempatnya dapat dijangkau dari bibir pantai. Pengunjung dapat langsung santai di satu diantaranya gazebonya dan membeli makanan. Buat banyak pasangan, makan malam romantis di sini dapat jadi bucket daftar. Rasakan kesan makan di luar tempat dengan didampingi debur ombak dan temaram lilin yang elok.

Jangan sempat pulang tiada bawa cinderamata, terlebih poto hasil bidikan. Kalau mau merekam kemegahan Pulang Sawal, Bukit Watu Gilap satu diantara spot terunggul. Turis bisa memandang pemandangan seluruhnya pantai dari pucuk bukit ini. Tidak usah bersusah-payah, jalannya udah dibikin nyaman dengan tangga yang aman, kok.

Layanan Pantai Indrayanti

Pantai Pulang Sawal alias Indrayanti sebagai obyek wisata yang udah ternama dan teratur didatangi oleh turis. Oleh sebab itu, pengaturannya lantas termasuk sangat baik. Ruangan parkir, toilet, kamar mandi, area tukar, pondokan, dan banyak kios makanan dapat ditemui di sejauh pantai ini.

Dari sisi keamanan, pantai ini pula siapkan layanan terunggul. Seluruhnya wilayah dijaga oleh lifeguard atau penjaga pantai. Kebersihan pantai lantas dijaga begitu ketat. Pengunjung yang tepergok buang sampah asal-asalan akan segera terkena denda berbentuk uang.

Lokasi Pantai Pulang Sawal

Wilayah wisata pantai ini berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Tempatnya sangat simpel dijangkau lantaran akses jalan yang baik dan mencukupi. Ada sekian banyak arah yang dapat lintasi untuk ketujuan pantai ini.

Arah pertama adalah Yogyakarta – Panggang – Bintaos. Arah yang lain merupakan Yogyakarta lewat Wonosari ke Bintaos. Arahnya sama arah pada jalan ketujuan Pantai Pok Tunggal.

Jika sobat tidak mau susah untuk kesini sobat bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Destinesa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.