Inovasi Belanja Aman Saat Pandemi Covid-19 Melalui pasarsambilegi.id

Inovasi Belanja Aman Saat Pandemi Covid-19 Melalui pasarsambilegi.id

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia beberapa hari ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Seperti dikutip dari kompas.com, berdasarkan data dari pemerintah, tercatat per Selasa, 8 September 2020, sebanyak 3.046 orang dinyatakan positif Covid-19.

Peningkatan kasus baru Covid-19 di Indonesia tentu membuat prihatin banyak pihak. Hal ini sudah pasti mendorong semua pihak untuk terus konsisten dalam menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Rekayasa kebijakan dalam penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah. Kebijakan yang diambil tentu sudah mempertimbangkan berbagai hal, salah satunya perihal ekonomi.

Dampak dari pandemi Covid-19 turut melemahkan perekonomian masyarakat Indonesia. Pasar tradisional mempunyai peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Antara lain sebagai wadah penjualan produk berskala rakyat dari para petani, nelayan, pengrajin, peternak, dan produk industri rumahan.

Dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19, pasar tradisional turut serta membantu mengurangi jumlah kerumunan di pasar tradisional. Tim Pengabdian kepada Masyarakat Tanggap Darurat Covid-19 dari Fisipol UGM mengembangkan platform Pasar Sambilegi daring. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (PUSTEK) UGM. Saat ini platform tersebut dapat diakses melalui situs pasarsambilegi.id.

Inovasi Belanja Aman Saat Pandemi Covid-19 Melalui pasarsambilegi.id

Sumber : pasarsambilegi.id

Pasar Sambilegi terletak di Jalan Solo Km 8,5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Pasar ini termasuk pasar kelas B. Barang dagangan yang dijual di Pasar Sambilegi cukup lengkap. Diantaranya adalah sembako, sayuran, bumbu dapur, ayam, daging, buah-buahan, jajanan pasar, makanan matang, peralatan dapur, pakaian dan lain sebagainya.

Pasar Sambilegi pernah meraih Juara I Tingkat Nasional sebagai Pasar Aman dari Bahan Berbahaya pada tahun 2018 oleh BPOM. Dengan adanya platform pasarsambilegi.id, hal ini menjadi media alternatif untuk berbelanja pangan dan kebutuhan masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

Tentu saja pelanggan dengan mudah dapat mengakses berbagai macam informasi. Seperti halnya mengakses nama produk beserta fotonya, harga produk, dan juga dapat memilih waktu pengiriman pesanan. Untuk memastikan kualitas produk dan pengantaran pesanan ke pelanggan terjamin dengan baik, maka ada tim khusus yang memantau hal ini. Tim khusus ini terdiri dari anggota Paguyuban Pedagang Pasar Sambilegi dan Pra Koperasi Pasar Sambilegi. Agar pesanan sampai ke rumah, pemesan harus membayar ongkos kirim.

Hadirnya platform pasarsambilegi.id memberikan kemudahan dalam berbelanja di pasar tradisional yang aman, nyaman dan dulur-dulur tetap stay di rumah saja. Sesuai dengan jargonnya, “Belanja Aman Pasti Nyaman”(Nasrudin Muzakki)

I like traveling and writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.