Di era digital yang semakin menggila, masyarakat Indonesia mulai memanfaatkan platform media sosial sebagai wadah untuk mengekspresikan diri. Media sosial kerap kali digunakan sebagai sarana untuk mengedukasi bahkan menghibur (entertain) khalayak banyak. Salah satu platform media sosial yang ramai digunakan adalah YouTube.

YouTube merupakan media sosial atau situs web berbagi video yang memungkinkan penggunanya untuk menonton, menggugah, dan berbagi video dengan konten-konten yang menarik. Eksistensi YouTube di tanah air sudah tidak diragukan lagi. YouTube sangat terkenal di Indonesia. Hal inilah yang mendorong YouTuber asal tanah air semakin marak mewarnai dunia per-YouTube-an. Seperti halnya YouTuber asal Lampung bernama Annisa Ayu Latifah.

Annisa pernah berkuliah di Kota Pelajar selama 4 tahun. Ia mengambil jurusan Pengembangan Masyarakat Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2014 dan lulus kuliah pada tahun 2018. Setelah satu tahun lulus kuliah, dara cantik yang aktif di UKM Teater ESKA ini memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya tercinta di Desa Bandar Agung, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung sejak awal tahun 2020 lalu.

Kepulangan Annisa ke kampung halamannya di Lampung tidak serta merta mengantarkan dirinya pulang dengan tangan kosong. Annisa sudah menyiapkan berbagai rencana yang akan dia aplikasikan di kampung halamannya Desa Bandar Agung. Terinspirasi dari YouTuber idolanya, Liziqi, Annisa mempunyai impian untuk membuat konten YouTube yang berisi explorasi kekayaan alam di desanya “Bandar Agung” dengan nuansa kearifan lokal desa setempat.

Inspiratif, YouTuber Asal Lampung Ini Membuat Konten Video Explorasi Kekayaan Alam Desa Bandar Agung
Sumber : Channel YouTube Annisa Latif

Lokasi Desa Bandar Agung yang masih asri penuh dengan hamparan sawah, puncak pegunungan, hutan, lembah, dan sungai tentu menjadi aset utama explorasi dalam pembuatan konten video di channel YouTube Annisa Latif. Hal ini pastinya akan menciptakan konten video yang menarik serta mampu mengobati penonton channel tersebut yang sedang merindukan kampung halamannya di perantauan.

Baru-baru ini Annisa membuat channel YouTube dengan nama Annisa Latif. Gebrakan ini dibuatnya untuk mengaplikasikan ide-idenya yang sudah direncanakannya secara matang. Sudah ada 3 konten video yang dibuat oleh Annisa. Dalam pembuatan konten videonya, Annisa melibatkan sepupu (kameramen) dan anak-anak kecil (pelakon) di desanya.

Video pertamanya yang rilis di channel YouTube Annisa Latif berjudul Mendaki Gunung Melewati Lembah Demi Konten Makan Siang. Satu minggu kemudian Annisa mengupload video terbarunya lagi berjudul Melintasi Sawah Melompati Pohon Tumbang Demi Konten Makan Siang #2. Terbaru, Annisa menggugah video berjudul Menyebrangi Sungai Mengarungi Lautan Sawah Demi Konten Makan Siang #3.

Video-video yang diunggah tersebut memiliki konsep yang unik. Annisa mengajak anak-anak kecil di desanya untuk berkeliling ke sawah, hutan atau sungai bak sedang berpetualang layaknya Si Bocah Petualang. Annisa mencoba menampilkan konsep yang natural, sehingga para penonton akan terbawa suasana dan ikut merasakan atmosfer kehidupan di kampung yang asri dan guyub ini. Tidak lupa, selalu ada scene masak-memasak di setiap videonya, yang diakhiri dengan acara makan bersama sembari menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Inspiratif, YouTuber Asal Lampung Ini Membuat Konten Video Explorasi Kekayaan Alam Desa Bandar Agung
Sumber : Channel YouTube Annisa Latif

Banyak sekali nilai-nilai yang disampaikan oleh Annisa melalui konten videonya. Video ini tentunya memberikan pesan tersirat kepada kita bahwa kehidupan di kampung yang jauh dari lampu-lampu kota tidak kalah menyenangkan dan mengasyikannya. Di sisi lain, konten video di channel Annisa Latif  juga mengajarkan dulur-dulur untuk selalu bersahabat dengan alam. Jadi, lestarikan lingkungan dan jangan sekali-kali mencemarinya, okay?

Dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada, Annisa mampu menyajikan kebahagiaan kepada anak-anak kecil yang dilibatkan dalam konten videonya. Selain itu, konten video Annisa Latif juga mampu memberikan hiburan yang edukatif kepada penonton dan subscriber-nya. Dulur-dulur penasaran dengan konten video di channel YouTube Annisa Latif? Silakan kunjungi link channel YouTube-nya berikut ini : www.youtube.com/annisalatif(Ayu Restianti)


administrator

Pecinta sepak bola yang gemar membaca dan menulis.

2 Comments

  • pakdegougle, September 8, 2020 @ 8:37 am Reply

    inspirasi sekali

  • princess park shin hye, September 8, 2020 @ 9:29 am Reply

    keren sekali huhu:'(

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.