Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan & Menjanjikan

Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan & Menjanjikan

Masmoe ~ Ada banyak sekali Peluang Usaha Rumahan di Desa yang bisa kita olah untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang menguntukan dan bisa menjadi sumber keuangan tambahan.

Meskipun kita sebagai orang rumahan bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Apalagi jika status kita sebagai ibu rumah tangga yang memiliki kewajiban untuk mengurus anak dan seorang suami.

Untuk anda warga desa dan hidup di pedesaan, jangan khawatir. Di Era sekarang ini Peluang Usaha Rumahan di Desa sangat banyak dan bisa dilakukan meskipun anda sebagai ibu rumah tangga. Peluang Usaha Rumahan ini jika dilakukan secara serius bisa mengangkap ekonomi anda.

Baca Juga : Macam-Macam Makanan Untuk Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan

Hal ini karena di Era Digital seperti sekarang ini dan didukung dengan adanya jaringan internet yang sudah cukup luas yang sudah menjalar disemua kalangan masyarakat. Ditambah lagi dengan adanya pemerataan keuangan sehingga di desa terpencil sekalipun tidak lagi dengan kemiskinan dan berbagai macam peluang kerja di Desa.

Namun dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini di Desa memunculkan banyak sekali peluang usaha yang luar biasa untuk dilakukan dan bisa mengangkat perekonomian pelaku usaha.

Malah di desa memiliki banyak komoditas dan sumber daya alam yang tidak dimiliki orang-orang di kota. Hebatnya, berbagai peluang udaha di desa bisa dikembangkan dengan modal yang minimal bahkan tanpa modal.

Nah untuk anda yang tinggal di desa dan sedang mencari Informasi mengenai Peluang Usaha Rumahan di Desa yang bisa anda kembangkan. Anda sudah membuka halaman yang tepat karena disini Masmoe akan sajikan peluang usaha di desa baik itu secara Offline maupun secara Online.

Peluang Usaha Offline

Peluang usaha secara Offline ini adalah sebuah jenis usaha yang dikembangkan dirumah dengan target pasar warga sekitar rumah. Pendapatan pada model usaha ini berasal dari konsumen yang datang ke rumah kita dan membeli produk yang kita jual.

Dalam bisnis ini yang menjadi penting adalah kepercayaan. Karena semua konsumen rata-rata adalah orang-orang yang kita kenal. Kualitas produk yang kita miliki atau jasa yang kita jual kepada tetangga kita akan menjadi tolok ukur keberhasilan usaha yang kita lakukan. Nah jika tidak memberikan yang terbaik makan usaha yang kita lakukan akan “gatot” alias gagal total.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha di desa yang menguntungkan dan bisa dikembangkan secara Offline.

1. Jasa Potong Rambut

Nah mungkin ini bisa menjadi salah satu jenis usaha yang menguntungkan. Apalagi jika anda memiliki sebuah kemampuan untuk melakukan potong rambut dan sudah terbukti di masyarakat tempat anda tinggal.

Pernahkah terlintas dipikiran anda kalau anda dulu pergi ketempat pangkas rambut anda menemukan poster sebagai model gaya rambut untuk anda? Nah sekarang gambar-gambar tersebut sudah tidak ada lagi yang meminta sesuai model itu.

Kebanyakan dari anak di era sekarang ini sudah memiliki keinginan tersendiri untuk model rambutnya dan yang anda perlukan adalah tinggal selalu berkomunikasi dan mempelajari model rambut masa kini lewat internet.

Terutama bagi anak muda jaman now / generasi micin. Memangkas rambut sekarang tidak hanya sekedar dengan potongan yang rapi atau standar. Kini mereka para anak muda, akan datang dengan model yang terpampang pada layar telepon genggamnya.

2. Jasa Perawatan Tubuh

Peluang usaha rumahan selanjutnya yang bisa anda lakukana adalah Jasa Perawatan Tubuh. Hal ini sudah banyak dicari khususnya kaum hawa. Ada banyak sekali urusan yang berkaitan dengan model rambut. Beragam layanan bisa anda berikan untuk mencukupi semua kebutuhan kaum hawa ini. Anda bisa membuka layanan Creambath hingga perawatan kulit wajah. Apalagi jika semua bahan yang anda gunakan adalah bahan alami dan perawatan yang diberikan harus berkala.

Maka bukan tidak mungkin layanan anda akan banyak dicari oleh kaum hawa yang masih relatif muda dan ingin selalu tampil cantik. Berbagai layanan yang anda berikan ini akan mendorong anda untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah setiap harinya.

3. Jasa Menjahit

Usaha dalam bidang ini tidak akan ada habisnya. Setiap harinya setiap orang pasti akan kelihatan fashionable dan kelihatan keren dengan pakaian yang mereka kenakan. Dengan keinginan tampil cantik didepan orang lain ini tentunya peluang usaha untuk membuat model baju yang menarik akan menjadi sebuah usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalani.

Di Era digital sekarang ini sudah berbeda dengan jaman dahulu. Pakaian yang digunakan orang di era sekarang ini bukan hanya pakaian yang menutup aurat saja, namun lebih ke gaya hidul agar terlihat keren dimata orang lain dan tidak dibilang ndeso melulu.

Pakaian di era sekarang ini telah menjelma menjadi sebuah seni berpenampilan yang akan menunjukkan kelas sosial si pemakai. Ditambah dengan kemajuan teknologi informasi yang menyebarluaskan berbagai macam model pakaian yang membuat setiap orang rela mengeluarkan uang yang lebih dalam untuk model pakaian yang paling hits.

Namun yang menjadi masalah untuk warga desa pada khususnya adalah cara untuk mendapatkan pakaian tersebut. Bukan perkara mudah untuk mendapatkan model tersebut karena jarah jauh dengan kota dan harga yang mungkin tidak bersahabat dengan kantong.

Nah disini adalah peluang kita yang bisa menjahit pakaian, karena dengan menjahitkan di tetangga sendiri akan sedikit mengurangi cost yang akan dikeluarkan. Memiliki pakaian dengan model terbaru bisa tercipta di Anda yang memiliki usaha menjahit. Harga yang terjangkau dengan model terbaru tentunya akan diburu meskipun tidak bisa langsung dipakai, tapi ini adalah pilihan terbaik dengan modal pas-pasan.

Belum lagi untuk orang-orang yang memiliki ukuran badan yang tidak pada umumnya, mungkin terlalu kurus atau gemuk akan menjadi masalah untuk mendapatkan model yang diinginkan. Maka Peluang Usaha Rumahan Menjahit ini adalah peluang usaha rumahan di desa yang sangat layak untuk anda jalankan.

Soalnya tidak semua warga desa memiliki kemampuan untuk menjahit, sehingga anda yang memiliki keahlian dalam memotong bahan dan menjadikannya sebagai pakaian yang bagus akan menjadi modal utama anda untuk sukses. Apalagi ditambah dengan anda yang selalu melek akan perkembangan fashion.

Itu semuanya adalah paket komplet yang bisa anda lakukan untuk membuka usaha menjahit. Dengan hasil yang rapi dan bagus bukan tidak mungkin akan banyak orang yang rela antri untuk mendapatkan sentuhan magis anda biar pakaian yang mereka kenakan lebih fashionable.

4. Usaha di Bidang Makanan

Peluang Usaha Rumahan yang bisa anda lakukan adalah di Bidang Makanan. Jika anda adalah orang suka meracik bumbu dan bahan makanan dirumah anda bisa mencoba usaha ini. Apalagi jika hasil masakan anda membuat orang lain kagum terhadap apa yang sudah anda ciptakan maka anda sudah memiliki modal awal untuk sukses.

Ada kalanya anda sudah mulai berpikir untuk peluang nyata yang ada di depan mata. Mereka tidak hanya sekedar mencicipi hasil jerih payah anda namun juga mau mengeluarkan uang untuk membayar apa yang sudah mereka makan. Ini bisa anda lakukan dengan membuka peluang usaha rumahan bisnis kuliner.

Usaha Kuliner adalah sebuah usaha yang tidak akan ada matinya dan bisa dikembangkan dimanapun, kapanpun dengan skala modal berapapun juga. Karena anda bisa memilih berbagai jenis makanan yang anda sajikan dan dengan keahlian anda untuk meraciknya.

Jika yang ingin anda ciptakan adalah makanan khas desa, maka anda bisa memulainya dengan menyediakan berbagai mcam jenis sayur dan lauk khas desa yang dijual dengan haarga terjangkau. Tidak harus menyewa kios di pinggir jalan, karena anda di desa maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengumumkan bahwa anda menjual sayur dan lauknya tadi.

Dari mulut ke mulut maka lama kelamaan semua warga desa akan mengetahui dan akan berpikiran untuk mencoba apa yang sudah anda ciptakan. Begitu orang cocok dengan rasa dan harga yang anda ciptakan maka anda sudah memiliki pasar yang nyata. Semua warga desa akan datang kerumah anda untuk memesan menu masakan yang sudah anda ciptakan bahkan mungkin ada pula yang menginginkan menu baru.

Dengan begitu setiap harinya dari pagi petang anda akan diserbu oleh para tetangga anda yang tidak sempat untuk memasak untuk suami dan anaknya yang buru-buru beraktifitas. Kebanyakan dari mereka mungkin adalah ibu-ibu yang juga tidak memiliki waktu luang untuk memasak sehingga lebih memilih membeli sayur dan lauk yang sudah matang.

Peluang usaha rumahan di desa bidang makanan ini bisa anda kembangkan dengan cara menerima pesanan dalam jumlah yang besar atau catering untuk berbagai macam keperluan seperti hajatan, khitanan, nikahan dan sebagainya. Semuanya itu cukup anda kerjakan dirumah tanpa perlu sewa kios di pinggir jalan.

5. Jasa Laundry

Pernahkan terlintas dipikiran anda lagi males mencuci dan hujan yang gak berhenti? Pasti iya, apalagi saat musim hujan tiba dan kadang panas matahari pun jarang kita temui. Tentu hal itu pernah anda alami dan mungkin anda akan membiarkan pakaian anda kotor begitu saja.

Peluang Usaha Sampingan

Membuka Jasa Laundy

Mungkin juga anda berpikir bahwa membawa setumpuk pakaian kotor ke jasa pencucian hanya bisa dilakukan di kota saja? Ohh tidak anda salah warga desa pun pasti membutuhkan jasa laundry ini. Soalnya jika dihitung dengan nominal uang yang dikeluarkan untuk laundry dan kelelahan kita mungkin akan lebih hemat jika kita menyerahkan ke jasa laundry.

Dengan menyerahkan pakaian kotor ke yang ahli dalam hal ini Laundry, maka waktu yang anda gunakan untuk mencuci bisa anda gunakan untuk hal yang labih produktif lagi. Anda bisa menyelasaikan pekerjaan kantor terlebih dahulu, selain itu juga mencuci sendiri juga akan membuat tagihan listrik melonjak karena penggunaan mesin cuci, belum lagi tagihan air yang ikut melonjak juga. Belum lagi urusan menyetrika yang membutuhkan waktu berjam-jam lamanya. Makanya sebagian besar orang sekarang akan lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Nah untuk and ayang memiliki waktu lebih luang tentunya ini bisa menjadi tambahan penghasilan untuk anda yang tidak memiliki kegiatan. Anda bisa memanfaatkan teras rumah atau halaman depan rumah. Yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan mesin cusi, timbangan, setrika dan kantung plastik untuk bisa menjalankan usaha ini.

Enaknya lagi jika rumah anda memiliki halaman yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Anda tidak perlu jauh-jauh dari rumah untuk menjalankan usaha ini dan anda bisa mengerjakannya sambil merawat buah hati anda juga. Peluang Usaha Rumahan di Desa yang satu ini bisa menjadi skala besar jika anda juga menyediakan layanan antar jemput.

6. Warung kelontong

Peluang usaha rumahan di desa yang satu ini memang sudah terbukti nyata dan cukup menjanjikan untuk dilakukan. Ya usaha warung yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari ini adalah salah satu jenis usaha yang sudah banyak dilakukan. Ketersediaan barang kebutuhan yang beragam dan harga yang terjangkau adalah kunci kesuksesan bisnis yang satu ini.

Hal yang perlu anda lakukan adalah mendapatkan toko kulakan yang paling murah dari tempat lain. Dengan demikian anda akan bisa bersaing dengan harga di warung sekitar. Meski usaha ini bukanlah sebuah usaha yang memiliki untung yang besar namun anda bisa mendapatkan cash flow / perputaran uang yang cepat. Sehingga anda tidak perlu takut akan kehabisan modal untuk kulakan.

Untuk anda yang ingin tokonya berkembang dengan pesat anda sebaiknya simak tips berikut ini :

Karena target pasar yang sangat jelas yaitu para tetangga anda sendiri maka anda harus menciptakan sistem pelayanan terbaik bagi setiap pembeli. Salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan menyisihkan keuntungan dari penjualan setiap harinya toko anda untuk membagikan bingkisan lebaran atau THR kepada tetangga anda. Dengan demikian toko anda akan ramai terus setiap harinya.

Apabila anda bisa menerapkan sistem point dari setiap transaksi yang dilakukan yang diakumulasikan hingga lebaran tiba. Tentunya ini akan menjadi daya tarik toko anda dibandingkan dengan toko yang lain. Harga Murah Banyak Bonusnya siapa sih yang bakalan menolak ini?

7. Jasa Pembuatan Mebel / Konstruksi Bangunan

Peluang usaha rumahan di desa yang tidak banyak orang bisa namun dibutuhkan oleh warga desa secara cepat adalah Jasa Pembuatan kebutuhan isi rumah tangga seperti almari, kursi, tempat tidur, dan berbagai keperluan lainnya.

Selain hanya membuatnya saja anda juga harus menyiapkan jasa perbaikan berbagai macam perkakas rumah tangga yang ada. Soalnya tidak semua orang akan membeli perkakas yang baru jika perkakas yang lama rusak.

Berbagai macam kebutuhan perkakas rumah tangga ini merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Kuncinya adalah seberapa baik anda membuat produk ini dan desain yang modern akan menjadi kunci sukses usaha perkakas ini.

Anda bisa saja tidak perlu mengerjakan semuanya sendiri, namun usaha ini bisa anda lakukan dengan mempekerjakan orang lain yang memiliki keahlian sebagai tukang kayu pada umumnya. Sementara yang bisa anda lakukan adalah mengawasi dan bergerak pada bidang pemasaran dari produk perkakas yang anda buat.

Selain itu juga anda juga harus mencari bahan kayu terbaik untuk menjaga kualitas produk-produk yang sudah anda buat. Mencari desain-desain baru yang menarik juga menjadi tugas anda untuk selalu berevolusi dengan berbagai kebutuhan masyarakat dan keinginan masyarakat di era sekarang ini.

Trus mungkin akan menjadi pertanyaan di benak anda, Kenapa harus bisnis perkakas ini? Yang perlu anda tahu adalah hampir semua produk-produk kayu yang dijual didesa ini dikerjakan oleh orang-orang desa. Jadi mengapa harus ke kota untuk membelinya? Lebih murah jika langsung di pembuatnya kan daripada harus ke kota dan membelinya di toko mebel yang ada di kota.

8. Beternak Lele 

Untuk anda yang tidak tertarik dengan berbagai macam peluang usaha rumahan di desa diatas mungkin anda bisa memilih untuk beternak lele. Mungkin ini bisa menjadi pilihan untuk anda. Pertama dimulai dari khusus pembibitan ikan lele.

Tahap awal ini adalah anda hanya melakukannya terhadap beberapa lele indukan saja dan tidak memerlukan terlalu banyak tempat. Anda hanya harus fokus pada indukan lele yang siap untuk bertelur dan menghasilkan puluhan ribu bibit lele.

Setelah menjadi bibit lele selanjutnya anda tinggal memberikan makanan khusus untuk bibit lele ini seperti cacing sutera hingga tumbuh di ukuran tertentu. Anda tidak perlu repot karena peternak lele pembesaran akan datang langsung ke rumah anda untuk membelinya.

Langkah yang kedua yang mungkin bisa anda lakukan adalah memelihara lele ini untuk dibesarkan dan siap untuk digoreng / dikonsumsi. Untuk melakukan ini anda perlu menyediakan kolam-kolam khusus di halaman rumah anda atau tempat khusus. Keunggulan dari beternak lele ini adalah bisa hidup di air yang keruh sekalipun, sehingga anda tidak perlu khawatir akan berputaran airnya setiap waktu.

Budidaya lele bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan karena banyak sekali rumah makan yang setiap harinya menjual lele sebagai menu mereka dan selain itu harganya yang relatif lebih murah dengan jenis ikan lainnya juga menjadikan lele sebagai makanan / lauk yang enak untuk disajikan di meja makan.

9. Beternak Ayam Kampung

Jenis usaha yang satu ini mungkin tidak banyak orang yang akan meliriknya namun ini adalah peluang yang bagus sebenarnya untuk dilakukan. Karena Ayam Kampung ini tidak akan tergantikan oleh ayam potong atau ayam pedaging.

Karena kualitas daging dari ayam kampung ini lebih baik jika disandingkan dengan ayam pedaging. Selain itu nutrisi yang tergandung didalamnya juga berbeda dan permintaan pasar terhadap daging ayam kampung ini makin hari makin meningkat.

Beternak ayam kampung adalah bisnis yang menguntungkan, dengan makin tingginya permintaan pasar menjadikan bisnis ini layak untuk dicoba. Ayam-ayam yang anda pelihara setiap harinya bisa anda setorkan ke kota. Modal utama dan terbesar yang anda miliki sebagai warga desa adalah masih banyaknya lahan disekitar rumah yang masih luas.

Bisnis ini sangat cocok untuk dikembangkan di desa. Selain itu juga usaha beternak ayam kampung ini juga akan memberikan jaminan gizi bagi keluarga anda sendiri, karena mengkonsumsi ayam yang dipelihara sendiri juga jauh lebih murah dibandingkan jika harus membelinya di pasar atau rumah makan.

10. Budidaya Jamur Tiram

Masih dengan cara yang sama dengan diatas, kali ini yang akan kita budidaya adalah tumbuhan. Usaha mengembangkan jamur tiram ini bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang setiap harinya.

Budidaya Jamur Tiram adalah sebuah peluang usaha rumahan di desa yang cukup strategis. Karena usaha budidaya jamur tiram ini bisa anda mulai dengan modal yang sangat kecil.  Selain itu juga bahan utama dari budidaya jamur tiram ini adalah serbuk kayu yang biasanya dipakai warga hanya untuk bediang saja.

Dibandingkan hanya untuk dibakar saja ada baiknya jika anda gunakan untuk budidaya jamur tiram. Bahan utama budidaya jamur ini semuanya ada di desa. Seperti Serbuk Kayu, Kapur dan Dedak yang biasanya hanya digunakan untuk makanan ayam kini bisa anda alih fungsikan untuk budidaya jamur ini.

Perlengkapan lainnya yang anda butuhkan adalah drum bekas dan plastik yang digunakan untuk menanak baglog atau log. Bahan bakar yang dugunakan untuk merebus log ini menggunakan kayu bakar yang semuanya pasti masih banyak ditemukan di Desa.

Keuntungan lainnya adalah biasanya rumah warga desa ini berukuran besar yang digunakan untuk menampung berbagai macam hasil panen. Sehingga ruangan-ruangan yang biasanya hanya berfungsi sebagai “gudang” bisa anda gunakan untuk tempat budidaya jamur ini. Ruang-ruang yang tersedia ini biasanya bisa menampung ribuan log jamur.

Untuk anda yang masih belajar, anda bisa mempelajarinya sendiri kok. Untuk bahan, proses dan bagaiamana cara memasarkan jamur tiram ini semuanya sudah ada diinternet atau anda bisa belajar di ahlinya langsung melalui kursus.

Yang anda butuhkan adalah melakukannya secara rutin setiap hari untuk membuat media tumbuh jamur ini maka jamur akan tumbuh sendiri setiap harinya. Anda bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya dan hanya membutuhkan modal awal sekitar 3 juta.

11. Pertanian Organik

Di Era digital seperti sekarang ini yang semuanya serba cepat membuat orang meninggalkan Organik sebagai modal awal dari sebuah dasar kehidupan. Banyak para petani-petani yang malas menggunakan organik karena terlalu lama dan tidak cepat menyuburkan tanaman.

Namun disinilah letak utama permasalahan di Era sekarang ini, dan perlahan tapi pasti sudah ada tindakan nyata dari beberapa kalangan masyarakat untuk kembali ke organik dalam rangka upaya menyelamatkan alam.

Makanan yang dihasilkan dari pupuk organik ini memiliki rasa dan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakanan pupuk kimia. Meskipun kalau baru pertama kali mencoba tidak akan sesubur kalau menggunakan pupuk kimia.

Hal ini terjadi karena tanah merasa kaget dengan perlakukan yang diberikan, namun lama kelamaan ini akan berkerja baik dan lebih baik jika dibandingkan dengan pupuk kimia. Makanan Organik sangat baik untuk dikonsumsi dan lebih menyehatkan tubuh. Oleh sebab itu orang-orang yang sadar akan kesehatan lebih memilih yang dari tanaman organik asli meskipun dijual dengan harga yang lebih mahal.

Namun yang menjadi problem adalah kebanyakan dari warga desa ingin menghasilkan yang cepat dan tidak banyak membuang tenaga untuk membuatnya. Nah dengan demikian ini menjadi peluang besar untuk anda buat menciptakan pupuk organik sebagai bahan dasar untuk menanam sebuah sayur mayur yang bisa ditanam menggunakan pot dihalaman rumah.

Berbisnis Pupuk Organik adalah bisnis yang menjanjikan dan makin lama semakin menguntungkan karena semakin banyak yang mencarinya untuk menanam sayur mayur dihalaman rumah. Untuk anda orang desa, inilah kesempatan anda yang besar untuk memulainya. Kalau engga kita mulai sekarang kapan lagi?

12. Jasa Disain dan Cetak-mencetak

Satu lagi peluang usaha rumahan di desa secara offline yang menguntungkan adalah Jasa Desain dan Cetak.

Di era sekarang ini hampir semua ornag membutuhkan jasa desain dan cetak untuk berbagai macam keperluan. Dimulai dri cetak Spanduk, Papan Nama, Banner, Undangan, Logo dll semuanya membutuhkan desain yang menarik guna mendapatkan pelanggan. Semua orang membutuhkan desain untuk berbagai macam kebutuhan mereka.

Untuk anda yang memiliki keahlian mendesain ini bisa anda jadikan peluang usaha yang bagus untuk anda geluti. Jasa pembuatan desain sekaligus mencetaknya adalah sebuah peluang usaha yang jarang di desa dan layak untuk anda kembangkan.

Usaha ini bisa anda kembangkan lagi dnegan merambah ke penulisan dokumen, printing dan fotokopi. Dalam usaha ini anda bisa menggaet beberapa konsumen sekaligus baik itu cetak, fotokopi, jilid, pengetikan dan berbagai hal lainnya.

Untuk anda yang memiliki keahlian desain, anda harus bisa menciptakan desain yang cantik nan menarik. Jangan khawatir semua kemampuan desain ini bisa anda pelajari secara otodidak atau melalui program kursus desain grafis jogja di JogjaWebHost. Syaratnya hanya satu anda memilikikomputer dan menyukai dunia desain grafis.

Semua jenis Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan & Menjanjikan diatas bisa dilakukan secara “OFFLINE” dengan target pasar warga masyarakat sekitar tempat tinggal kita. Nah jika anda ingin mengembangkan usaha yang lebih besar ini maka anda harus mencoba cara Online.

Semua jenis usaha diatas bisa dikembangkan di online untuk membantu pemasarannya namun disini Masmoe juga akan menyajikan beberapa peluang usaha rumahan di desa secara Online yang juga sangat menjanjikan untuk anda yang tidak suka keluar rumah.

Peluang Usaha Online

Jenis usaha yang satu ini menggunakan media teknologi informasi yang berbasis internet. Jangan salah pengguna internet di Indonesia ini menyentuh angka 200 juta orang yang menggunakan internet. Lebih dari setengah dari total penduduk yang ada di Indonesia ini menggunakan internet termasuk kita warga desa. Hampir semua anak-anak muda akrab dengan internet dan menggunakannya setiap hari.

Dengan pangsa pasar yang besar ini dan menunjukkan bahwa warga desa juga sudah menggunakan internet untuk berbagai macam keperluan. Maka sesungguhnya sebuah bisnis yang menggunakan jaringan internet ini akan sangat menarik untuk dikembangkan. Terutama di Desa dengan memanfaatkan media social.

Dengan banyaknya pengguna internet ini maka bisnis yang memanfaatkan teknologi ini akan menjadi peluang usaha rumahan di desa yang sangat menarik dan layak untuk dikembangkan.

Satu lagi yang harus anda tahu adalah memulai usaha secara Online ini tidak serta merta identik dengan teknologi yang rumit untuk dipahami atau jual beli jarah jauh. Melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan usaha pemenuhan kebutuhan warga desa itu sendiri.

Berikut ini beberapa contoh peluang usaha rumahan di desa yang bisa anda terapkan menggunakan teknologi internet atau secara ONLINE :

1. Menjual Produk Kuliner Desa secara ONLINE

Yang menjadi ciri khas bisnis Online dan Offline adalah bagaimana kita memasarkan produk ini. Nah untuk anda warga desa yang memiliki kuliner khas atau produk khas di desa anda bisa mencoba untuk memasarkannya secara online.

Hal utama yang menjadi keunggulan dari jualan melalui Online adalah anda tidak perlu memiliki toko atau menyewa sebuah ruko dengan harga yang mahal. Anda juga tidak perlu kulakan produk dengan uang sendiri lalu menjualnya.

Di Bisnis Online anda bisa menjual produk orang lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu. Karena di Online ini anda hanya berposisi sebagai Marketing saja dan anda bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang anda jual itu.

Jika anda tinggal di Desa dan ingin mengenalkan desa anda tentunya menjual produk desa ini bisa anda lakukan. Desa memiliki banyak produk yang bisa dijual secara Online seperti kulines khas desa yang bisa tahan berhari-hari. Misalkan saja jenis makanan kering seperti peyek dan aneka kerupuk yang diproduksi oleh warga desa untuk dijadikan sebagai lauk saja.

Aneka macam makanan kering tersebut diatas bisa anda jual secara online dengan kemasan / desain kemasan yang menarik sehingga bisa mendatangkan pembeli Online.

Bahkan ada sebuah kisah nyata seorang ibu dari Sidoarjo yang bisa mendapatkan omset 3 juta sehari dengan berjualan nasi pecel saja. Caranya adalah pecel yang direbus kemudian dikeringkan, dikemas secara rapat dan menarik di kemasan plastik kedap udara. Kemudian sambalnya juga dikemas dalam bentuk kering. Pembeli tinggan menyiramnya dengan air yang mendidih sebelum menikmatinya.

Banyak sekali Makanan Khas Desa yang selalu dirindukan oleh masyarakat yang tinggal diperkotaan. Karena makanan khas desa ini memiliki cita rasa yang unik yang tidak bisa digandakan rasanya di rumah makan kota. Sudah jelas kan peluang nyata di depan mata untuk bisnis rumahan di desa yang layak untuk dikembangkan ini.

2. Menjual Aksesorris dan Souvenir Khas Desa

Ada banyak sekali potensi desa yang bisa dikembangkan dan sangat potensial. Salah satu hal yang bisa dikerjakan adalah menjual Souvenir. Seperti yang sudah dilakukan di Borneo ada sebuah toko online khusus souvenir yang menarik dan menjual tersendiri karena menjual souvenir khas dayak kalimantan.

Souvenir tersebut dibuat oleh warga asli. Souvenir atau Manik-manik atau menurut warga disana disebut dengan mutu manikam ini mampu memicut hati perempuan baik itu warga lokal, masyarakat indonesia maupun mancanegara. Semua Produk2 Souvenir ini sudah sering tampil di acara peragaan busana bertaraf nasional maupun internasional. Keren Kan.

Hasilnya sangat istimewa, selain mendapatkan pendapatan yang besar, bagi para pengrajin kerajinan ini menjadi terkenal di Indonesia bahkan dunia. Hasil ini bukan hanya memasarkan produk lokal saja tapi turut membuat karya Indonesia di kenal oleh dunia.

Itu adalah sebagian contoh kecil yang bisa kita lakukan. Karena Indonesia yang kaya akan budaya ini, sehingga menjual Produl Lokal secara Online juga secara langsung ikut mengenalkan kekayaan Indonesia yang sungguh luar biasa.

3. Menjual Mebel Online

Ada banyak sekali pengrajin kayu yang ada di Desa. Sudah bertahun-tahun lamanya banyak dari para pengukir kayu handal jepara yang menjual hasil ukiran mereka secara konvensional dan mendirikan Galeri di Pinggiran Jalan Kota.

Namun di Era Digital seperti sekarang ini sudah banyak seniman-seniman ukir tersebut yang menggunakan internet untuk menjual hasil karya ukirnya. Langkah ini nyatanya lebih menguntungkan dan hasil penjualanpun meningkat cukup pesat. Selain itu juga dengan menggunakan Internet ini bisa memotong biaya untuk marketing secara besar-besaran.

Langkah jualan mebel secara online ini juga ditiru beberapa tukang kayu yang berada di Dlingo Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Warga desa yang ada di perbukitan ini sekarang tidak perlu keliling kota dan perkampungan dengan gerobak lagi untuk manawarkan berbagai macam perkakas kayu yang sudah mereka ciptakan.

Melainkan cukup mengambil gambar dari angel yang menarik dan memajang foto tersebut dihalaman Market Palce atau Website pribadi maka order akan berdatangan langsung dari sana. Sistem kerja yang seperti ini membuat jualan mebel online menjadi peluang usaha rumahan di desa yang sangat menguntungkan.

4. Membangun Toko Online untuk Dijual di Desa

Jika anda tinggal di desa tentunya anda tahu apa produk asli desa anda, Kamu bisa menjualnya berbagai macam produk desamu dengan mendirikan toko online mu sendiri.

Banyak sekali produk yang dibutuhkan warga desa, kamu bisa mencari semua produk yang banyak dibutuhkan oleh warga desa dan menjadi penjualnya. Sebagai contoh, jika kebanyakan warga desa anda bermata pencaharian sebagai petani, anda bisa menjual berbagai macam alat pertanian tersebut dan obat-obatan pertanian.

Keuanggulan yang bisa anda dapatkan adalah kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan warga desa membelinya sendiri ke kota. Ini karena penjualan Online ini bisa memotong biaya distribusi karena anda langsung membelinya di grosir yang harganya jauh lebih murah.

Tidak hanya menjual alat pertanian saja, kamu juga bisa menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari yang bisa anda dapatkan melalui Grosir, Pakaian dan berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

5. Jasa Pembuatan Website dan Maintenance

Inilah salah satu peluang usaha rumahan yang cukup menarik untuk kamu lakukan di Era Digital seperti sekarang ini. Di Era ini hampir semua orang membutuhkan Website dan Maintenance sekaligus. Termasuk juga warga desa.

Karena seorang warga desa biasanya yang mampu menciptakan desa wisata belum tentu bisa mengelola website. Desa wisata membutuhkan para wisatawan dari luar untuk berkunjung sehingga mereka membutuhkan media promosi secara Online.

Hebatnya lagi, peluang bisnis ini peluang bisnis ini tidak harus ada di kota namun bisa kamu lakukan meskipun berada di Desa. Yang terpenting dari usaha ini adanya jaringan internet yang cukup. Keuntungan lainnya yang bisa anda tawarkan adalah anda bisa menawarkan dengan harga yang lebih murah, karena  kebutuhan hidup di Desa jauh lebih murah dibandingkan dengan Orang Kota.

Dengan harga yang lebih terjangkau ini bukan tidak mungkin peluang usaha di desa ini akan cepat membesar dan memiliki keuntungan yang tidak bisa dibayangkan. Itulah mengapa ini bisa dikembangkan untuk bisnis rumahan di desa sekalipun.

Nah untuk anda yang belum memiliki keahlian di bidang pembuatan Website ini anda bisa Kursus Web Jogja di JogjaWebHost. Sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan komputer yang ada di Jogja yang sudah berpengalaman.

6. Menjadi Content Writer

Di era digital seperti sekarang ini banyak orang yang mempublikasikan hasil karyanya lewat sebuah tulisan. Untuk kamu yang suka menulis, cobalah menjadi seorang Content Writer. Kamu tidak harus ngantor setiap harinya untuk mendapatkan gaji pokok setiap bulannya.

Untuk menjadi seorang Content Writer yang dibutuhkan hanyalah sebuah laptop dan koneksi internet yang cukup sebagai bahan untuk mencari referensi tulisan.  Bahkan untuk koneksi internet sendiri kamu bisa melakukannya dengan menggunakan smartphone yang kamu miliki.

Semua materi yang menjadi bahan untuk menulis sudah ada di Dunia Maya, anda tinggal membacanya dan menjadikannya asli menjadi karyamu sendiri. Bahkan kamu tidak perlu keluar rumah / dari tempat duduk untuk mengerjakan pekerjaan yang satu ini.

Menjadi seorang penulis ini mulai menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan memang setelah adanya internet yang semakin luas jangkauannya. Internet sudah berkembang menjadi kebutuhan informasi seperti di Era sekarang ini. Untuk menjadi seorang penulis tentunya anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik.

Untuk bisa menjadi seorang penulis yang baik yang harus kamu perhatikan adalah memposisikan dirimu sebagai pembaca, tulisan yang enak dibaca dan mengena maksud serta tujuannya akan menjadikan tulisan itu berbobot. Intinya tulisan yang dibuat harus mencermintakn pesan-pesan secara umum dari Website yang kamu kelola.

Untuk itu kamu harus selalu mengikuti trend atau isu-isu yang sedang hangat dan banyak dibicarakan. Kamu harus sering membaca media online, blog dan berbagai tulisan di dunia maya yang mendukung wacana yang sedang kamu buat. Simpelnya menjadi seorang penulis merukapakan salah satu peluang bisnis rumahan di desa yang sangat menjanjikan.

7. Mengembangkan Website atau Blogger

Untuk kamu yang sudah memiliki keahlian dalam pembuatan website, menulis yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah mendirikan sebuah website sendiri untuk kamu kelola dan dijadikan uang.

Ada sebuah kampung di Kabupaten magelang Jawa Tengah yang berisikan para anak-anak muda yang menghabiskan waktunya setiap hari di depan laptop untuk menulis dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulan dari Google Adsense.

Kampung ini disebut sebagai Kampung Blogger. Disebut begitu karena sebagian besar pemuda yang ada di kampung ini menekuni dunia Blogger. Menjadi seorang Blogger berarti mengelola sebuah website atau blog dan menciptakan konten tulisan dengan konsisten, rute dan memiliki kualitas yang baik.

Namun untuk orang awam mungkin bertanya, darimana mereka menghasilkan uang jutaan rupiah setiap bulannya? Tentu saja jawabannya hanya satu yaitu dari Google Adsense. Untuk anda yang berada di Jogja dan sekitarnya anda bisa mengikuti Pelatihan Google Adsense Jogja.

8. Mendirikan Warnet

Kebutuhan akan teknologi informasi yang begitu cepat membuat beberapa orang yang tidak mampu untuk membeli paketan data / komputer dan membutuhkannya setiap saat ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk membuka sebuah Warnet.

Karena tidak semua kebutuhan bisa dilakukan di Handphone dan karena keterbatasan handphone yang tidak secepat komputer menjadikan warnet menjadi salah satu peluang usaha yang bagus untuk dilakukan di desa.

Apalagi tidak semua warga desa memiliki Laptop atau komputer sendiri. Tentunya ini menjadi peluang yang bagus buat kamu untuk mendirikan Warnet.

9. Membuka Warung Kopi / Angkring Berwifi

Mungkin ini bisa menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memfasilitasi warga disekitarmu untuk menggunakan kemampuan mereka. Selain kamu bisa menciptakan komunitas yang positif di sini kamu juga menjual berbagai macam minuman atau makanan kecil.

Dengan tempat yang nyaman dan adanya koneksi Internet yang gratis tentunya ini bisa membuat kamu mendapatkan banyak sekali pelanggan yang setia datang setiap harinya untuk minum kopi atau teh di warung kamu. Inin tentunya menjadi peluang yang bagus dan sayang sekali kalau dilewatkan.

Nah itu tadi adalah sedikit ulasan dari kami menganai Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan & Menjanjikan baik secara Offline dan Online yang bisa anda coba. Jangan lupa untuk berbagi dengan sesama agar informasi penting ini tidak berhenti di kamu. !!!! [ Ahmad Fahrudin / Masmoe ]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.