Peluang Usaha

Peluang Usaha Sewa Motor di Yogyakarta Ini Menjanjikan

Jika Anda perhatikan, semakin tahun semakin macet saja jalanan di mana-mana, tak terkecuali Jogja. Anda tentu sepakat jika gudangnya pelajar ini memang menarik minat pengunjung atau pendatang yang luar biasa. Maka tak heran kalau peluang usaha sewa motor di Yogyakarta semakin dibutuhkan, untuk menjawab kebutuhan akan moda transportasi yang ringan dan memudahkan.

Kemudahan itu bukan saja untuk menjangkau tempat-tempat tujuan, tetapi juga untuk menghindari kemacetan akibat adanya bus-bus besar dan mobil-mobil dari berbagai kota. Sewa motor memang kerap menjadi alternatif utama setelah transportasi umum yang juga masih terjebak keriuhan jalanan. Motorlah yang paling fleksibel untuk mengurai kemacetan.

Sewa motor lebih nyaman dan aman untuk berkeliling Jogja. Apalagi jika Anda harus memasuki jalanan kecil dan sempit, bahkan masuk jalan-jalan perkampungan. Jika dijangkau dengan kendaraan roda empat, tentu akan sangat mengganggu pengendara lain. Maka, memilih peluang usaha sewa motor di Yogyakarta adalah upaya yang tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi di kota istimewa.

Peluang usaha sewa motor di Yogyakarta terbilang menjanjikan, karena peminatnya yang semakin lama semakin besar saja. Inilah alasan yang tepat bagi Anda untuk mulai membuka peluang usaha sewa motor ini di Yogyakarta. Modal yang digelontorkan pun tidak terlalu besar, karena Anda dapat memulainya dengan motor kepunyaan Anda lebih dulu.

Dengan modal dua hingga tiga motor yang Anda punya, selanjutnya Anda dapat menambah fasilitas dan armada ini dari laba yang Anda peroleh. Jika ingin lebih cepat dalam berproses, maka Anda dapat memulainya dari kerjasama dengan rekan Anda. Anda bisa mengajaknya bekerja sama untuk penggunaan sepeda motor dengan sistem bagi hasil.

Namun ada hal lain yang harus Anda perhatikan lebih dulu tentang persiapan membuka peluang usaha sewa motor di Yogyakarta ini. Anda perlu menentukan lokasi yang strategis untuk usaha Anda. Upayakan tempat rental motor cukup terjangkau dengan kampus-kampus, tempat wisata, atau fasilitas umum lainnya seperti terminal, stasiun, dan bandara. Hal ini untuk menarik pelanggan lebih banyak dan memudahkan.

Lokasi sangat menentukan perkembangan usaha Anda. Karena semakin strategis lokasi, maka semakin cepat usaha Anda berkembang pesat. Untuk itu, bila Anda berniat membuka peluang usaha sewa motor di Yogyakarta, maka sedari sekarang Anda sudah harus mulai untuk melihat peluang lokasi strategis yang cocok untuk usaha sewa motor Anda di kota istimewa ini.

Selain lokasi, target pasar adalah modal kedua dalam hal tehnis membangun peluang usaha sewa motor ini. Jika Anda salah menentukan target, maka Anda sama saja dengan bunuh diri dengan usaha tersebut. Anda harus siap menanggung kerugian yang berimbas pada gulung tikar. Namun jangan lelah untuk terus bangkit dan mencoba, ya!

Penentuan target pasar pasar berkaitan dengan pemilihan lokasi strategis. Jika yang Anda incar sebagai calon pelanggan rental motor adalah para wisatawan, maka Anda harus menentukan lokasi terdekat dengan tempat-tempat penginapan, stasiun, terminal, dan bandara atau tempat wisata itu sendiri. Namun jika Anda ingin menjangkau para pelajar seperti mahasiswa, maka kampus adalah pilihan yang tepat.

Properti roda dua yang harus Anda persiapkan pun harus sesuai target. Jika Anda mengincar anak muda, maka pilihan motor matic dengan gaya sporty adalah jenis yang tepat untuk Anda tawarkan kepada pelanggan. Pun halnya jika Anda ingin menyewakan motor yang dapat digunakan untuk semua kalangan, Anda bisa memilih kendaraan matic. Beda lagi jika Anda ingin menyajikan fasilitas penyewaan motor khusus laki-laki, Anda harus menyediakan motor sport ataupun motor tril.

Anda juga perlu memberikan strategi bisnis yang menarik dengan penawaran harga sewa dan pemberlakuan promo secara khusus. Hal pertama yang perlu Anda persiapkan sebelum menawarkan harga dan promo ini, Anda harus melakukan survei terlebih dahulu dari pesaing bisnis sewa motor Anda. Kemudian tentukan harga di tengah-tengah antara penawaran harga termahal dan termurah dari sang kompetitor.

Sementara fasilitas lain yang dapat menunjang ketertarikan persewaan motor Anda, perlu Anda lengkapi dengan helm, jas hujan, sarung tangan dan masker. Disamping itu, Anda bisa menyandingkan dengan promo untuk penggunaan jangka panjang, dengan memangkas harga asli atau menggunakan sistem member dan gratis untuk satu kali sewa setelah lima atau sepuluh kali penyewaan motor.

Jangan abaikan pula kebersihan dan perawatan mesin unit motor yang disewakan. Kondisi motor yang Anda sewakan haruslah dalam kondisi yang prima dan baik. Sehingga performa mesin tetap terjaga, dan pemeliharaan dengan cara servis tidak diragukan oleh pelanggan karena sudah dapat Anda garansikan dengan jaminan kondisi tersebut.

Anda pun bisa memberikan layanan kepuasan atau kurang puas dari pelanggan di google maupun media online. Sehingga akan memudahkan Anda dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas kendaraan, serta menarik peminat lainnya untuk melakukan penyewaan motor di Yogyakarta melalui jasa Anda. Dengan demikian, pundi-pundi pun akan terus mengalir ke dompet Anda.  [Pipit]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.