Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan

Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan

Masmoe ~ Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan tentu banyak peminatnya. Tidak untuk yang belum punya kerja namun juga buat mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetap.

Selain waktu yang dibutuhkan untuk usaha ini cukup cepat, usaha sampingan ini juga sangat menguntungkan untuk tambahan modal kas kita.

Usaha sampingan memang merupakan sebuah bisnis skala kecil. Namun yang tadinya hanya iseng ini bisa menjadi sumber penghasilan yang mungkin tidak terkira. Semua itu bisa terjadi jika dijalani dengan sungguh – sungguh, pasti suatu saat bisnis sampingan kita bisa mencukupi semua kebutuhan kita.

Ada berbagai macam ide sederhana yang bisa kita olah untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan. Usaha sampingan ini tentu bisa menambah penghasilan kita. Jika mungkin masih ada kendala bagaimana cara / ide bisnis yang bisa kita lakukan. Berikut ini Masmoe sajika 4 Usaha Sampingan Modal Kecil yang patut dicoba.

  1. Usaha Laundry Kiloan

DI jaman yang sudah modern seperti sekarang ini, kebanyakan dari kita akan berpikir praktis dan tidak mau terlalu cape dengan pekerjaan rumah. Oleh karena itu mungkin kebanyakan dari kita sudah mulai tidak ada waktu untuk mengurus pakaian kerja kita yang kotor. Lebih banyak dari kita mungkin akan menyerahkannya ke Laundry.

Nah oleh karena itu, karena zaman yang sudah berbeda, memulai bisnis laundry ini akan sangat menguntungkan, apalagi kalau kita berada di kota besar dan kebanyakan warga sekitar memiliki kesibukan yang luar biasa dan tidak smepat untuk mencuci pakaian mereka.

Pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus maupun tempat kerja. Banyaknya pemain yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga tarifnya pun juga ikut bersaing.

Semudah itukah membuka usaha laundry kiloan? Sebenarnya iya, namun untuk sukses di bisnis ini, anda harus pintar mencari celah untuk memulainya. Hal paling utama yang perlu anda pertimbangkan adala pangsa pasar. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan kaeryawan swasta atau pegawai negeri sipil adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini.

  1. Usaha Cuci Motor atau Mobil

Bisnis ini seolh tak sepi. Orang rela antri hingga berjam – jam untuk mendapatkan giliran. Harga, kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih milih jasa cuci professional dibandingkan cuci sendiri.

  1. Usaha Menjahit Pakaian

Bagi anda yang memiliki ketrampilan dalam menjahit pakaian dan lainnya, anda bisa membuka usaha jahit untuk menjadi sebuah ide usaha sampingan. Perlu diingat kembali bahawa konsep usaha sampingan adalah  untuk membuat waktu luang anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Jadi tidak perlu terburu – buru untuk membuka kios jahit sendiri.

Untuk tahap awal sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Anda bisa membeli mesin jahit bekas di tiko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang diperlukan membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan. Selanjutnya cari pelanggan di sekitar anda.

  1. Usaha Jual Beli Motor Bekas

Usaha sampingan menarik lainnya adalah jual beli motor bekas. Dealer di kota sekelas kabupaten saja saat ini setidaknya bisa melepas 50 – 100 unit kendaraan baru perminggu. Bisa anda bayangkan betapa pesatnya pertumbuhan bisnis di bidang ini. Anda bia ikut andil mencari peruntungan di bisnis ini dengan cara jual beli motor bekas. Istilah pasarnya adalah makelar. Jika sudah mulai mengerti siklus dan persaingan pasar, tak ada salahnya buka display motor di rumah.

Jika memulai usaha ini sebagai makelar, maka secara teknis anda tidak butuh modal. Tugas anda hanyalah membangun kepercayaan  saja. Langkah pertama, anda bisa membantu menjualkan motor orang lain dan mendapatkan komisi.

Jika sudah yakin punya pasar yang jelas, maka anda bisa memulai dengan membeli motor bekas di bawah 10 juta, kemudian jual kembali dengan mengambil selisih harga. Jual beli motor bekas bisa juga secara online melalui situs iklan popular seperti olx.co.id.

Usaha usaha yang telah disebutkan tadi hanyalah sebagian kecil dari ide usaha sampingan yang berkembang dan popular beberapa tahun belakangan ini.

Bagaimanapun juga, masih ada ratusan bahka ribuan ide usaha sampingan lain yang masih belum terungkap dan menunggu seseorang untuk segera menjalankannya.

Selalu berpikir kreatif akan mengantarkan anda pada sebuah ide yang belum pernah ada sebelumnya sehungga peluang sukses pun semakin besar. ( Mita / Masmoe )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.