Peluang usaha

Wajib Tahu! Prospek Peluang Usaha Budi Daya Lele yang Menguntungkan

Masmoe—Anda pasti setidaknya pernah sesekali nongkrong di warung makan pecel lele. Sensasi kelezatan daging olahan lele yang penuh gizi, ditambah renyah-gurihnya krispi saat turun dari penggorengan, membuat selera makan siapa pun meronta. Kini, Anda bukan sekadar bisa menikmati kelezatan olahannya saja. Meningkatnya permintaan pasar terhadap ikan konsumsi air tawar jenis lele setiap tahunnya ini, membuka kesempatan Anda untuk turut terjun menekuni peluang usaha budi daya lele.

Peluang usaha budi daya lele sendiri sudah sangat marak, yakni dimulai ketika Kementerian Kelautan dan Perikanan memberlakukan lele sebagai salah satu komoditas unggulan dalam program minapolitan. Hal ini mengingat tingginya minat pasar, selain karena kenikmatan dagingnya, tentu juga karena harga lele yang masih sangat ekonomis dan terjangkau di kantong masyarakat.

Peluang usaha budi daya lele prospeknya cukup menjanjikan, jika Anda melakukannya dengan intensif. Jika Anda ingin memulai peluang usaha ini, maka yang perlu Anda ketahui terlebi dahulu, ada dua segmen dalam budidaya lele yakni segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segmen ini tentu saling bertahap, dimana ada proses pembibitan lele-lele melalui pembenihan, lalu dilanjutkan dengan proses pembesaran yang akan menghasilkan lele-lele siap konsumsi.

Budi daya ikan lele juga cukup mudah. Anda hanya perlu kolam, tanpa ketentuan jenis tertentu. Artinya, budi daya lele dapat dilakukan di kolam apa pun, baik kolam tanah, kolam beton, kolam terpal, maupun kolam dengan media lainnya yang dialiri air dari berbagai sumber, seperti aliran air sumur, aliran irigasi, bahkan air hujan sekalipun yang telah melalui serangkaian pengkondisian sehingga dapat digunakan sebagai unsur pembudidaya lele.

Peluang usaha budi daya lele memang terbuka lebar, karena ketersediaan jenis ikan lele itu sendiri yang memudahkan Anda untuk memilih mana yang baik dan tepat guna untuk disodorkan kepada konsumen. Namun bukan berarti semua jenis ikan lele cocok untuk dibudidayakan. Hanya beberapa jenis ikan lele yang tepat untuk disodorkan kepada konsumen sebagai komoditas konsumsi.

Lalu jenis-jenis seperti apa yang dapat dijadikan komoditas konsumsi, sehingga berprospek bagi peluang usaha budi daya lele yang Anda akan tekuni? Yaitu yang memiliki sifat unggul, salah satu cirinya ialah pertumbuhan yang cepat dan tahan penyakit. Lele yang dapat Anda budi dayakan dalam mengambil prospek peluang usaha budi daya lele ini, juga harus tahan hidup dalam lingkungan dengan kepadatan tinggi dan kondisi air yang minim. Dengan begitu, lele tetap dapat tumbuh dan berkembang.

Mengapa Anda harus segera mengambil langkah memanfaatkan prospek peluang usaha budi daya lele? Pertama, peluang usaha budi daya lele ini tidak mengenal pasang surut. Semakin tahun, lele semakin digemari saja. Ketersediaan benih unggul juga mendukung untuk Anda sungguh-sungguh mengelola usaha budi daya lele ini, teknologi budi daya yang sederhana, kepadatan penyebaran yang tinggi dapat dibudidayakan dengan lahan dan sumber air yang terbatas, pertumbuhan yang cepat, serta nilai ekonomis dari hasil yang lumayan tinggi.

Peluang usaha budi daya lele sangat membantu Anda para pemula maupun pemain lama. Selain hal-hal yang disebutkan di atas, modal yang harus Anda gelontorkan untuk berwira usaha budi daya lele ini pun sangat terjangkau. Relatif murah untuk ukuran wirausaha budi daya, dengan demikian Anda dapat membudidayakannya dalam skala rumah tangga. Jika sudah begitu, untuk apa Anda menunda kesempatan? Selamat membudidayakan lele untuk menjangkau gizi keluarga, perekonomian hingga aspek sosial! [Pipit]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.