Tips Menciptakan Kenyamanan Pelanggan agar Loyal

Tips Menciptakan Kenyamanan Pelanggan agar Loyal

Masmoe ~ Dalam sebuah Bisnis, pelanggan merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita jaga untuk kemajuan bisnis. Tips Menciptakan Kenyamanan Pelanggan ini bisa membuat pelanggan kita menjadi lebih loyal dengan bisnis yang kita jalankan.

Menciptakan kesan pertama yang bagus memang sangat berpengaruh terhadap aktivitas pelanggan kedepannya, ketika seorang pelanggan mendapatkan kesan pertama yang baru dari bisnis yang kita jalankan, tentu kesan pertama yang buruk ini akan berpengaruh terhadap sikap mereka ke bisnis yang kita jalankan kedepannya.

Entah mereka akan pergi dan tak kan kembali menjadi pelanggan kita atau bahkan akan tetap hadir dengan memberikan review yang buruk ke bisnis kita. Tentu kita akan merugi jika hal ini terjadi. Lalu bagaimana cara mewujudkan kenyamanan untuk pelangan kita? Simak Tips Menciptakan Kenyamanan Pelanggan dalam Bisnis agar loyal berikut ini ;

1. Beri Harapan

Pelanggan datang ketempat bisnis kita atau menghubungi kita lewat chat sudah pasti mereka membutuhkan bantuan kita. Berikan ucapan selamat datang dan katakan bahwa saya dapat membantu anda. Kalimat yang singkat namun sangat berarti bagi calon pelanggan kita. Dengan menyebut kata Saya maka mereka akan merasa tidak kesepian.

2. Sampaikan Informasi dengan Jelas

Jika ada hal yang membuat pelanggan harus menunggu karena kita sedang melakukan pengecekan terhadap suatu hal, maka sampaikan informasi dengan jelas atau katakan ” Mohon Maaf Bapak/Ibuk saya akan mengecek di sistem terlebih dahulu. Mohon kesediaannya untuk menunggu sebentar “. Informasi kecil ini sangat berarti bagi pelanggan kita, karena mereka akan merasa benar-benar diperhatikan seluruhnya. Namun jika kita hanya diam saja, pelanggan akan merasa terabaikan dan akan berdampak terhadap bisnis kita. Bahkan parahnya mereka bisa memberikan review yang buruk mengenai pelayanan yang kita berikan ini.

3. First-time Customers

Beri perhatian yang khusus untuk pelanggan pertama. Namun jangan berlebihan karena juga akan memberikan kesan yang terlalu berlebihan kepada pelanggan kita. Ajak berbincang santai layaknya seorang sahabat jika diperlukan serta jangan ragu untuk mengajak pelanggan bercanda. Tentu jika kita perlakukan layaknya seorang sahabat, mereka akan merasa nyaman dan bisa menjadi pelanggan setia kita.

4. Cari Tahu Kebutuhan Pelanggan

Jika ingin membuat pelanggan menjadi loyal dan kita ingin mempertahankan mereka untuk jangka waktu yang lama. Hal pertama yang wajib untuk anda lakukan adalah dengan mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan dan butuhkan.

Apakah mereka lebih ingin kualitas terbaik, warna yang sesuai dengan kebutuhan mereka, atau dari segi penggunaan yang mudah atau alasan yang lainnya. Untuk mengetahui hal tersebut kita bisa menanyakannya secara langsung kepada pelanggan tersebut dengan suasa layaknya berbicara dengan seorang sahabat.

baca juga ; Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Cobalah untuk mendengarkan cerita mereka mengenai produk yang mereka inginkan, kemudian jika produk kita ada yang berkaitan gantian coba jelaskan mengenai produk kita dan keunggulannya. Jika tidak memungkinkan dijelaskan saat bertatap muka, kita menjaga hubungan baik dengan pelanggan kita melalui telepon, email dan chatting. Selalu usahakan untuk mendengarkan cerita mereka dan jangan sampai memotongnya di tengah jalan.

5. Berikan Bonus ke Pelanggan

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk Tips Menciptakan Kenyamanan Pelanggan dalam Bisnis adalah dengan memberinya diskon. Siapa sih yang jika membeli sesuatu tidak menginginkan Diskon? Tentu kebanyakan dari kita tentu menginginkannya bukan. Sedulur bisa memberikan Diskon dengan berbagai macam syarat dan ketentuan. Bisa mulai dari beli 3 gratis 1 atau anda bisa memberikan potongan harga ke pelanggan. Misal 30% + 50 %. Diskon 30% untuk barang yang dibeli pertama, jika ada barang kedua yang dibeli maka akan mendapatkan diskon 50%.

Tentu ini akan meningkatkan penjualan dengan cepat jika kita menggunakan Diskon. Tentu ini juga akan membuat pelanggan anda menjadi semakin loyal dan tertarik dengan produk mu.

6. Berikan Jaminan Garansi

Tips Menciptakan Kenyamanan Pelanggan ke enam adalah berikan jaminan garansi. Kebanyakan dari kita pasti akan membeli sesuatu jika mendapatkan garansi produk. Apalagi jika harga yang kita tawarkan untuk produk kita bernilai tinggi. Dengan memberikan garansi maka pelanggan akan lebih mudah percaya terhadap kualitas produk yang kita tawarkan.

baca juga ; Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan Setia

Sedulur bisa memberikan garansi sesuai dengan garansi sesuai dengan produk yang dijual. Misal produk elektronik baru, maka minimal garansi yang akan anda berikan adalah 1 Tahun. Selain itu juga kamu juga bisa memberikan garansi kenyamanan dimana jika dalam waktu satu minggu barang rusak, pelanggan bisa mengembalikannya dan langsung mendapatkan barang yang baru lagi.

7. Buat Pembulatan Harga ke Bawah

Biasanya dalam melakukan pembulatan harga, perusahaan selalu membulatkan ke atas, yaitu membuat pelanggan mengeluarkan uangyang lebih banyak daripada harga yang dibanderol di label. Untuk membuat pelanggan yang datang menjadi loyal, cobalah untuk menghindari hal tersebut. Meskipun harga yang ditambahkan hanya beberapa rupiah saja, hal ini tentu akan membuat pelanggan merogoh kocek yang lebih banyak.

Misal total pelanggan harus membayar Rp 150.627,- anda bisa membulatkannya menjadi Rp 150.000,- saja atau Rp 150.500, yaitu dengan pembulatan kebawah. Setelah itu pastikan pelanggan mengetahui bahwa harga tersebut merupakan pembulatan kebawah.

Hal ini tentu akan mempengaruhi psikologis pelanggan, dimana mereka beranggapan sudah melakukan transaksi yang menguntungkan sehingga hal ini bisa mengikat pelanggan untuk terus belanja di tempat kita.

8. Perhatikan Hal-Hal Kecil

Sudah kita ketahui bersama bahwa setiap orang pasti menyukai dan menerima perhatian. Begitu juga dengan pelanggan, mereka akan merasa senang jika mendapatkan perhatian yang lebih dari kita. Perhatian ini bisa bersifat personal. Misal anda mengucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan di hari ulang tahunnya.

Tentu dengan ucapan yang hanya sekedar pesan singkat ini akan membuat pelanggan kita menjadi seorang yang loyal terhadap bisnis kita. Serta ini akan meningkatkan peluang bagi kita untuk mendapatkan rekomendasi ke koleganya.

9. Jalin Komunikasi dengan Bahasa yang Dimengerti

Berharap memiliki pelanggan yang loyal berarti anda harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Sedulur bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan melalui email, whatsapp, atau bahkan telp.

Anda bisa memulai dengan memberinya kabar informasi yang bermanfaat serta promo yang ada di bisnis anda. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh konsumen. Hindari istilah-istilah yang membuat pelanggan kita merasa pusing dan tidak mengerti sama sekali.

10. Jalin Hubungan antar pelanggan dan perusahaan

Pelanggan akan merasa senang jika merekan diperhatikan dan dibuat merasa dibutuhkan oleh perusahaan, Mereka akan merasa bangga jika kehadiran mereka memberikan pengaruh kepada kegiatan perusahaan atau bisnis. Oleh sebab itu jalin sebuah hubungan dengan mengirimkan Email dengan memberikan promo yang menarik untuk pelanggan. Untuk beberapa pelanggan yang sudah setia, jangan lupa untuk sekedar menanyakan bagaimana kabarnya.

11. Dengarkan & Berikan Solusi

Keluhan pelanggan merupakan sebuah feedback yang bagus untuk perkembangan bisnis kita. Dimana keluhan dapat membantu kira untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis kita. Jadi ketika ada seorang pelanggan yang mengeluh terhadap pelayanan bisnis kita, coba dengarkan dan catat point-point pentingnya.

Setelah mereka selesai bercerita, kita bisa memulai untuk berbicara dengan mengucapkan terima kasih kemudian berikan solusi untuk menjawab semua masalah yang mereka hadapi. Jika tidak bisa langsung dijawab maka selesaikan dan mintalah waktu kepada mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut.

12. Buat Forum & Acara Khusus Pelanggan

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan loyalitas seorang pelanggan adalah dengan mengadakan atau membuat forum diskusi serta acara khusus bagi pelanggan. Kita bisa memulainya secara digital terlebih dahulu. Bisa kita mulai dari website, social media serta media lainnya.

Kita juga bisa memulainya dengan acara setahun sekali yaitu customers gathering. Hal ini tentu akan membuat pelanggan mengetahui informasi terbaru mengenai bisnis kita. Sehingga hal ini diharapkan akan membuat hubungan kita dengan pelanggan akan semakin baik dan pelanggan akan semakin loyal.

Nah itu adalah 12 Tips Menciptakan Kenyamanan Pelanggan dan membuat pelanggan menjadi loyal. Dengan memiliki banyak pelanggan yang loyal tentu hal ini akan membuat bisnis yang kita jalankan akan semakin cepat berkembang.

Selain keloyalan pelanggan, kita juga harus bisa mengelola keuangan dengan bijak dan baik untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis yang kita jalankan. Semoga kita semua bisa segera memulai bisnis dan bisa membuat bisnis kita menjadi bisnis yang berkembang serta bisa membantu banyak orang.

Seorang yang Hobi Menulis, memulai hidup dari Blora kemudian sekarang menetap di Kota Istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.