Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan Setia

Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan Setia

Dalam menjalankan sebuah Bisnis, Kenyamanan seorang pelanggan harus diutamakan, hal ini karena pelanggan tersebut bisa merekomendasikan bisnis kita ke rekanannya. Simak Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan Setia berikut ini agar bisnismu semakin berkembang.

Dalam sebuah situasi dan kondisi tertentu, seorang pelanggan atau klien akan mencari sebuah pertolongan sehingga saat penting untuk kita sebagai pemilik bisnis memberikan interaksi atau pertolongan yang benar. Seseorang yang membutuhkan pertolongan ini tidak hanya akan merasa bahwa dia telah diperlakukan dengan baik, namun ada juga kemungkinan akan membeli produk atau layanan bisnis yang kamu jalankan.

Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan Setia

Gunakan Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan ini untuk membuat pelanggan semakin Setia dan bisa dengan sukarela memberikan rekomendasi ke Kolega ;

1. Tersedia Tepat Waktu

Photo ; www.freepik.com

Hal pertama yang membuat pelanggan membuat merasa sangat dihargai adalah dengan membalas chat mereka sesegera mungkin, atau bahkan bisa secara langsung. Jika mereka langsung datang ke Kantor langsung sapa mereka dengan senyuman dan segera tanyakan apa yang mereka butuhkan.

Baca Juga ; 10 Alasan Mengapa Anda memerlukan Strategi Pemasaran Digital

Jika sedang melakukan pekerjaan yang bisa ditinggal, langsung tinggalkan pekerjaan tersebut dan segera sapa pelanggan yang datang. Namun apabila sedang menerima telp atau hal lainya, segera beri pesan kepada pelanggan yang baru datang untuk menunggu terlebih dahulu dengan Sopan.

2. Sapa pelanggan layaknya seorang sahabat, tapi dengan cara yang tepat

Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan yang kedua adalah memberlakukan seorang pelanggan layaknya sahabat kita. Lakukan kontak mata, tersenyum dan katakan sesuatu kepada pelanggan dengan segera. Bisa katakan Selamat Pagi Ibu/Bapak, ada yang bisa saya bantu hari ini? berhenti dahulu, biarkan pelanggan kita merespon.

3. Muncul saat ingin Membantu

Sebagai seorang pemilik Bisnis, jangan terus-terusan untuk menyuruh staf atau karyawan menanyakan berbagai hal kepada pelanggan sehingga mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan. Sekali-kali muncullah dan sapa pelangganmu dan jika pelanggan membutuhkan bantuanmu segera lakukan.

4. Bantu pelanggan secara langsung

Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan selanjutnya adalah bantu pelanggan secara langsung untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Ada dua hal yang bisa dilakukan, yaitu dengan aktif mendengarkan pelanggan dan Mampu menawarkan saran yang tepat.

baca juga ; Tips Cepat Selesaikan Skripsi

Aktif mendengarkan pelanggan ini memiliki maksud dan tujuan untuk menunjukkan bahwa kamu secara aktif mendengarkan apa yang dikatakan pelanggan, kamu bisa melakukannya dengan kontak mata, mengangguk atau menulis catatan kecil. Jika ada yang ingin ditanyakan segera tanyakan dengan memberikannya penjelasan dan langkah-langkah yang akan kamu gunakan guna mengatasi masalah tersebut. Cari momen yang pas dan jangan sampai memutus pembicaraan Pelanggan.

Mampu memberikan saran yang tepat adalah hal utama yang dicari oleh seorang pelanggan. Pelanggan akan mengajukan pertanyaan secara tidak langsung mengenai produk atau layanan anda terkait dengan masalah mereka.

5. Jadilah orang yang ceria, sopan dan hormat sepanjang bertemu pelanggan

Saat kamu sedang melakukan interaksi secara langsung maupun tidak langsung maka tunjukkan sikap keceriaan di wajahmu dengan selalu tersenyum dan mendegarkan pesan dengan baik. Maka secara otomatis suara yang akan kamu keluarkan akan lebih enak untuk di dengar.

Berperilaku sopan ini sangat penting untuk dilakukan, ucapkan kata-kata yang sesuai dengan keadaan pelanggan.Seperti dengan pelanggan yang muda dan menggunaka bahasa yang baku untuk pelanggan yang lebih tua.

6. Tutup interaksi di waktu yang tepat

Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan yang terkahir adalah dengan menyelesaikan masalah pelanggan dan membantu pelanggan secara aktif dengan menyarankan langkah berikutnya. Jika mereka sudah siap untuk melakukan pembelian pada saat ini, maka arahkan pelanggan untuk order dan informasikan tagihanya beserta dengan cara pembayarannya.

Baca Juga ; Cara Menghadapi Bos/Atasan yang Tidak Adil

Jika pelanggan belum siap untuk membeli pada saat ini, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memberi saran atau undangan lebih lanjut dengan mengirimkan proposal penawaran layanan atau dengan menanyakan, “Adakah hal lain yang dapat saya bantu?” .

Namun apabila pelanggan sudah menyampaikan tidak ada lagi yang ingin ditanyakan, maka kamu bisa memberi pesan indah di akhir seperti “ Senang dapat berdiskusi dengan Bapak/Ibu! Sampai jumpa di diskusi berikutnya! Semoga hari ini menyenangkan.”

Jangan sekali-kali menghentikan interaksi tanpa pamit terlebih dahulu, nanti pelanggan akan langsung kabur. Itu tadi sedikit pembahasan dari saya mengenai Tips Memberikan Layanan Terbaik ke Pelanggan. Semoga bisa memberikan manfaat dan jangan lupa untuk dibagikan ke yang lain agar kolega kita bisa mendapatkan pelanggan setia. Salam

Share

Seorang yang Hobi Menulis, memulai hidup dari Blora kemudian sekarang menetap di Kota Istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.