10 Alasan Mengapa Anda memerlukan Strategi Pemasaran Digital

10 Alasan Mengapa Anda memerlukan Strategi Pemasaran Digital

Dalam menjalankan sebuah Bisnis tentu kita dituntut untuk bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Oleh sebab itu kita perlu menggunakan alat pemasaran yang bisa menjangkau lebih banyak pasar. Salah satu caranya adalah menggunakan strategi pemasaran digital.

Strategi Pemasaran Digital ini sangat penting untuk menciptakan dan mendukung transformasi digital guna meningkatkan pertumbuhan perusahaan agar bisa lebih menciptakan banyak sekali peluang untuk bisa meningkatkan pendapatan atau laba.

Namun yang mungkin menjadi pertanyaan untuk dulur-dulur semua adalah bagaimana mengembangkan Strategi Pemasaran Digital ini? Tentu ini bukanlah hal yang mudah semudah membalikkan telapak tangan. Serta tahapan ini juga merupakan sebuah tantangan untuk kita dan juga pengelola bisnis yang lain. Karena Era Industri 4.0 ini menuntut kita untuk bisa bisa Strategi Pemasaran Digital.

baca juga ; Ikuti Langkah ini Untuk Sukses Bisnis Parcel Lebaran

Dalam perkembangannya, Pemasaran Digital menjadi sesuatu yang vital dan dengan perkembangan teknologi informasi di bidang smartphone khususnya membuat kita harus terus berpikir keras untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan.

Namun sebagian dari dulur-dulur mungkin belum memiliki rencana terpadu untuk menumbuhkan dan melibatkan khalayak mereka secara efektif. Jika sebuah bisnis tidak memiliki rencana, maka dulur-dulur akan merasakan dampak atau masalah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Selain itu juga jika sedulur tidak menerapkan Strategi Pemasaran Digital ini, maka kemungkinan anda akan kalah dari pesaing yang lebih mengerti secara digital.

Tantangan Strategi Pemasaran Digital ?

Berdasarkan pengalaman yang saya alami, secara umum tantangan yang pertama kali akan dialami adalah langkah awal bagaimana menyususn rencana Strategi Pemasaran Digital ini.

Tentu diawal kita akan memulai sesuatu yang baru pasti akan muncul sebuah rasa takut, tetapi rasa takut akan memulai tentu akan lebih besar rasa takut dari usaha yang kita jalankan akan kalah bersaing. Tentu akhir yang baik dimulai dari Perencanaan yang baik pula.

Dalam membuat sebuah perencanaan Strategi Pemasaran Digital ini kita tidak harus memerlukan sebuah laporan yang besar, strategi yang nantinya akan kita jalankan bisa dirangkum dalam dua atau tiga sisi kertas dalam tabel yang menghubungkan strategy pemasaran digital.

Saya sarankan untuk membuat perencanaan selama 90 hari agar bisa di implementasikan ke rencana digital dengan cepat dan memiliki daya tarik.

Tantangan lain yang mungkin akan sedulur semua hadapi adalah ruang lingkup dan skala pemasaran digital. Ada berbagai macam teknik yang bisa digunakan, dimulai dari pencarian, social media, pemasaran melalui email yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan sebuah situs website.

Dalam artikel yang saya tulis ini tentang Strategi Pemasaran Digital, akan menunjukkan bagaimana membuat kerangka kerja perencanaan, sedulur semua dapat menentukan jumlah kegiatan pemasaran digital yang mudah untuk dikelola dan bisa mencangkup semua segmen pemasaran digital ini.

baca juga ; Peluang Usaha Menjanjikan di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Dalam teknik pemasaran digital ini, ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk bisa sukses menerapkan teknik digital marketing, sehingga ada hal yang harus menjadi prioritas dan hal yang perlu dievaluasi setiap harinya. Misalnya sebagai contoh adalah Sebuah Konten untuk pengiriman email otomatis, custom landing page agar menarik pelanggan, konten untuk target pelanggan dan konten yang digunakan untuk hasil di pencarian.

Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Digital

Untuk mengembangkan Strategi Pemasaran Digital sedulur harus bisa menyusun langkah-langkah strategis, agar apa yang nantinya kita lakukan dapat menjangkau pasar dengan baik. Tentu kita memerlukan yang namannya berpikir cerdar untuk meningkatkan pemasaran digital.

Langkah terbaik adalah membuat sebuah ukuran potensi sedulur saat ini dan potensi yang akan anda raih di masa depan. Tentunya dengan memiliki tolok ukur ini akan menjadikan apa yang kita lakukan nantinya bisa dilakukan evaluasi.

Dalam membuat tolok ukur pemasaran digital haruslah mencakup beberapa hal yang termasuk Strategi Pemasaran Digital utama seperti ;

  1. Pencarian
  2. Media Sosial
  3. Pemasaran Email
  4. Landing Page Situs Website

Tetapi bagaimana jika usaha yang sedulur semua geluti belum memenuhi salah satu dari keempat hal diatas? Tentu ada beberapa hal yang bisa menjadi prioritas sedulur yaitu Website dan Social Media untuk mebangun awarenes terlebih dahulu.

Untuk memulai Strategi Pemasaran Digital ini buatlah rencana awal yang terpisah serta rencana yang mendefinisikan goal akhir dari sebuah Pemasaran. Selain itu juga buatlah rencana Investasi dan Rencana Pemasaran Digital agar bisa menjangkau pasar yang sesuai target.

Kemudian setelah pada tahapan perencanaan ini buatlah rencana digital yang terintegrasi yang merupakan rencana pemasaran secara keseluruhan. Pemasaran Digital pada dasarnya masih sama dengan pemasaran pada offline dan menjadi salah satu bagian dari bisnis seperti biasa.

Jadi, apa yang harus kita lakukan untuk memulai Strategi Pemasaran Digital ini? Berikut ini adalah penjelasannya ;

Strategi Pemasaran Digital ini masih sama dengan Pemasaran Konvesional secara Konsep, cuman cara untuk melakukannya yang sedikit berbeda. Saya yakin bahwa di era sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan media digital secara efektif.

Kebanyakan dari mereka pasti sudah membangun jaringan Pemasaran Digital jauh-jauh hari. Makanya kebanyakan dari mereka sudah mendapatkan hasil yang bagus di pencarian, Email Marketing sudah berjalan dan Pemasaran melalui social mediapun berjalan dengan baik.

baca juga ; Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Kecil

Namun saya juga tetap yakin bahwa masih ada peluang untuk kita yang baru memulai Strategi Pemasaran Digital ini. Karena masih cukup banyak peluang yang hilang untuk penargetan dan pengoptimalan Iklan yang baik, atau bahkan dari mereka ada yang kurang dari banyaknya tantang yang dihadapi dalam Digital Marketing dibawah ini.

Mungkin masalah utama dalam Strategi Pemasaran Digital ini untuk sebuah organisasi yang sudah cukup besar adalah di Tata Kelola Organisasi.

Dalam membuat Strategi Pemasaran Digital ini ada dua tahap utama yang bisa kita lakukan. Pertama adalah membuat Rencana Pemasaran Digital yang terpisah. Rencana ni berguna untuk mendapatkan persetujuan dengan menunjukkan peluang serta masalah yang akan dihadapi untuk memetakan jalan mana yang harud ditempuh guna mengintegrasikan Pemasaran Digital ke dalam Bisnis.

Tahapan kedua adalah Digital menjadi terintegrasi ke dalam strategi pemsaran dan ini menjadi kegiatan inti dalam sebuah bisnis.

Jika sedulur tidak memiliki Strategi Pemasaran Digital yang akan dirangcang sebelumnya sebaiknya sedulur pahami terlebih dahulu 10 Masalah yang paling umum dibawah ini;

10 Alasan Mengapa Anda memerlukan Strategi Pemasaran Digital ?

01. Tanpa Arah

Tentu di Era sekarang ini yang hampir semuanya serba digital, sebuah perusahaan yang tanpa Strategi Pemasaran Digital ini tidak memiliki tujuan straregis yang jelas. Kebanyakan mereka tidak mengetahui untuk apa menggunakan pemasaran digital kalau menggunakan cara pemasaran Offline masih cukup menghasilkan banyak pemasukan.

Mereka masih belum sadar bahwa mendapatkan pelanggan baru secara Online jauh lebih terbuka lebar kesempatannya jika dibandingkan dengan membangun hubungan secara Offline seperti biasanya. Tentu jika target pasar kita masih dalam lingkup satu wilayah akan memudahkan kita. Namun jika target pasar kita mencakup seluruh wilayah nusantara tentu ini akan menjadi hal-hal yang membuat pengeluaran semakin banyak.

Namun jika sedulur masih belum memiliki tujuan dan keinginan untuk menggunakan Pemasaran Digital tentu saya merasa bahwa sedulur mungkin tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukannya. Tentu hal ini bisa sedulur atasi dengan membayar sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran digital ini seperti JogjaWebHost.

2. Tidak Tahu Pasar Online

Mungkin sebagian dari kita pengelola sebuah bisnis meremehkan jika sedulur belum mengetahuinya secara pasti. Atau dalam bahasa yang lebih kasarnya lagi adalah Sedulur belum memahami bahwa pasar Online ini jauh lebih besar.

Sedulur akan merasa tetap berada di Jalur Offline dan bersikekeh dengan keputusan ini. Mungkin bagi sedulur dengan menggunakan Strategy Pemasaran Digital ini tidak bisa mengetahui pelanggan, pesaing, proposisi dan cara untuk melakukan komunikasi dalam pemasaran.

Mungkin itu karena sedulur belum mengetahui bahwa kita bisa mengetahui berapa jumlah orang yang mencari sebuah benda lewat kata kunci saja. Ini kita bisa ketahui secara harian, bayangkan jika dalam sehari kata kunci tersebut dicari oleh ribuan orang dan sedulur memiliki hasil pencarian yang bagus dengan hal tersebut.

Tentu tingkat penjualan sedulur akan meningkat. Nah untuk mengetahui hal tersebut sedulur bisa menggunakan layanan gratis google yaitu Perencana Kata Kunci.

3. Pesaing yang ada dan pemula akan mendapatkan pangsa pasar

Jika sedulur tidak mengerahkan sumber daya untuk pemasaran digital ini maka sudah jelas Pesaing dalam bisnis anda akan menjadi pemenang dan lama kelamaan sedulur akan semakin jauh tertinggal. Makanya segera lakukan Strategy Pemasaran Digital ini.

4. Anda tidak memiliki proposisi nilai online yang kuat

Jika terlalu lama sedulur tidak melakukan Strategy Pemasaran Digital ini maka brand pesaing akan semakin kuat dan ini tentunya akan membuat peluang sedulur untuk mendapatkan hasil yang bagus di pencarian akan semakin susah.

Namun ini bisa diakali dengan membuat layanan Online yang unik dari yang sudah ada dari pesaing anda,  serta mengembangkan strategi pemasaran konten yang kompetitif adalah kata kunci utama untuk perusahaan yang anda kelola gar bisa bersaing.

5. Tidak cukup mengenal pelanggan online

Mungkin sudah banyak yang mengatakan bahwa Digital adalah sebuah media yang sangat terukur ( “media terukur yang pernah ada” ). Tetapi Google Analytics dan sejenisnya hanya akan memberi tahu volume kunjungan, bukan keinginan pengunjung dan apa yang mereka pikirkan.

Yang diperlukan adalah sedulur harus menggunakan alat lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan respon pelanggan secara cepat dan akurat. Kemudian menyelesaikan masalah tersebut untuk diperbaiki.

6. Akan Merugi

Jika tidak melakukan pemasaran digital secepatnya maka akan merugi. Jika mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran digital, sebaiknya kita menggunakan jasa layanan kepada perusahaan yang benar-benar ahli dalam pemasaran Digital.

Tetapi ini tentu akan membebani keuangan perusahaan jika kita melakukannya secara terus menerus. Sebaiknya kita menyiapkan sumber daya sendiri yang bisa benar-benar melakukan hal tersebut.

Tentu kita juga harus menyadari bahwa bahwa media digital berfungsi paling baik ketika diintegrasikan dengan media tradisional dan saluran komunikasi. Saya selalu merekomendasikan pengembangan strategi pemasaran digital terintegrasi dan begitu Digital Transformation selesai, kegiatan pemasaran digital akan menjadi bagian dari rencana pemasaran Anda dan bagian dari bisnis seperti biasa.

7. Pemasaran Digital tidak membutuhkan banyak orang

Sumber daya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan ini tidak banyak. Cukup 2 sampai 3 orang yang benar-benar ahli akan bisa melakukannya dengan baik.

8. Anda membuang-buang uang dan waktu melalui duplikasi

Jika anda terlambat untuk melakukan Strategy Pemasaran Digital tentu akan membuat anda akan melakukan hal yang sia-sia diawal. Karena untuk membuat hasil pencarian yang bagus membutuhkan waktu, namun jika kita terus mengandalkan iklan tentu ini juga tidak baik.

Tentu anda harus terus melakukannya untuk mengejar ketertinggalan dari perusahaan pesaing dengan membuat konten yang menarik pelanggan.

9. Tidak cukup mengejar ketertinggalan

Jika sedulur melihat perusahaan online ternama seperti Amazon, Dell, Google, Tesco, Zappos dll semuanya memiliki sifat yang dinamis. Mereka selalu mencoba pendekatan baru dan terus berinovasi untuk mendapatkan atau mempertahankan pelanggan online mereka.

10. Anda tidak mengoptimalkan

Setiap perusahaan dengan situs web akan memiliki analitik, tetapi sebagian dari mereka tidak memastikan bahwa tim mereka membuat atau memiliki waktu untuk meninjau dan menindaklanjutinya.

Setelah sedulur membaca Strategi Pemasaran Digital ini dan mendapatkan dasar-dasarnya dengan benar, maka sedulur bisa ketahapan selanjutnya yang menjadi aspek kunci pemasaran digital seperti pemasaran pencarian (SEO), pengalaman pengguna situs, email, dan pemasaran media sosial.

Jadi itulah 10 Alasan Mengapa Anda memerlukan Strategi Pemasaran Digital yang perlu sedulur perhatikan untuk memulai Pemasaran secara Digital.

Jadi, ada kabar baiknya untuk membuat Pemasaran secara Digital dan mengubah cara pemasaran untuk membujuk kolega atau klien Anda. Akan ada banyak panduan yang akan saya tulis di artikel selanjutnya mengenai Pemasaran Digital ini.

Semua akan saya kupas tuntas dalam website Masmoe.com ini.

Seorang yang Hobi Menulis, memulai hidup dari Blora kemudian sekarang menetap di Kota Istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.