Tips Cepat Selesaikan Skripsi

Masa-masa kuliah merupakan momen yang sangat dinantikan oleh setiap orang. Belajar di perguruan tinggi yang diidam-idamkan tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi siapa pun yang berkuliah. Banyak hal manis dan pahit yang dilalui saat duduk di bangku perkuliahan. Selain pengalaman belajar, ada saja bumbu-bumbu asmara yang menghiasi perjalanan mahasiswa saat kuliah.

Tidak hanya soal percintaan saja yang penuh drama, dalam menyelesaikan studi S1 pun banyak drama yang harus dilalui oleh mahasiswa. Apalagi ketika hendak menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Terkadang, mahasiswa merasa terganjal dalam urusan penyelesaian skripsi. Tidak sedikit mahasiswa yang merasa kesulitan dan frustasi ketika menyelesaikan skripsi. Jika kesulitan menyelesaikan skripsi, mahasiswa-mahasiswa ini akan mengalami kebingungan. Bahayanya kalau sudah begitu, mereka akan stuck dalam mengerjakan skripsi. Padahal, satu hari menunda skripsi sama dengan menunda satu hari pernikahan, loh!

Oleh karena itu, Masmoe akan berbagi tips cepat selesaikan skripsi untuk mahasiswa yang ingin segera lulus kuliah. Apa saja tips cepat selesaikan skripsi? Berikut uraiannya!

1. Mencari Skripsi yang Relevan dengan Prodi yang diambil

Sebelum memulai skripsi, alangkah baiknya untuk mencari tahu dulu skripsi-skripsi dari prodi/jurusan kalian di perpustakaan atau internet. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran pada kalian terkait topik/fokus penelitian skripsi yang relevan dengan prodi/jurusan kalian. Semakin banyak skripsi-skripsi yang kalian baca, semakin banyak juga ide-ide di kepala kalian. Jadi, mulailah pikirkan topik/fokus penelitian yang akan kalian teliti.

2. Mencari Referensi terkait Topik/Fokus Penelitian yang Ingin diteliti

Jika kalian sudah membaca banyak skripsi dari prodi/jurusan kalian, selanjutnya cobalah cari referensi terkait topik/fokus penelitian yang ingin diteliti. Tujuannya adalah agar kalian bisa mendapatkan ide untuk penelitian skripsi kalian.

3. Menentukan Topik/Fokus Penelitian

Untuk topik/fokus penelitian, setidaknya kalian buat tiga opsi topik/fokus penelitian. Jangan lupa, masing-masing topik/fokus penelitian dibuatkan judul besar, rumusan masalah, dan poin-poin latar belakangnya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kalian ketika ada kemungkinan buruk topik/fokus penelitian yang ingin kalian teliti ternyata sudah banyak diteliti orang. Jadi, harus buat beberapa opsi topik penelitian, ya!

4. Segera minta ACC Judul Skripsi ke DPA dan Kaprodi

Setelah membuat tiga opsi topik/fokus penelitian skripsi, cepat-cepatlah kalian menemui DPA (Dosen Pembimbing Akademik) kalian. Konsultasikan ketiga opsi ini ke DPA, dengan catatan kalian sudah membuat mini proposal yang mencakup judul, latar belakang, dan rumusan masalah masing-masing topik/fokus penelitiannya. Hal ini agar memudahkan komunikasi dengan DPA.

Jika DPA sudah memberikan ACC, kalian bisa menemui Kaprodi (Ketua Prodi/Jurusan) untuk mendapatkan ACC juga. Apabila sudah di ACC Kaprodi, selanjutya kalian akan diberikan opsi Dosen Pembimbing Skripsi. Tentu proses ACC judul skripsi pada tiap kampus pasti berbeda-beda. Oleh karena itu, ikuti prosedurnya, guys!

5. Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi

Untuk Dosen Pembimbing Skripsi, biasanya ada dua opsi yang diberikan oleh prodi/jurusan. Opsi pertama, Kaprodi memberikan usulan nama Dosen Pembimbing Skripsi. Opsi kedua, kalian berhak memilih Dosen Pembimbing Skripsi yang kalian inginkan, dengan catatan dosen yang bersangkutan bersedia menjadi Dosen Pembimbing Skripsi kalian. Semakin cepat kalian mendapatkan Dosen Pembimbing Skripsi, semakin cepat pula kalian bisa start mengerjakan penelitian skripsi kalian. Oleh karena, hal ini menjadi poin penting dalam tips cepat selesaikan skripsi.

6. Buatlah Timeline Penyelesaian Skripsi

Jika sudah mendapatkan Dosen Pembimbing Skripsi, selesai membuat proposal skripsi dan seminar proposal, kalian tidak boleh lupa membuat timeline penyelesaian skripsi. Timeline ini sangat berguna untuk mendukung kelancaran pengerjaan skripsi kalian. Mengapa? Dengan adanya timeline, kalian akan lebih tertib dalam mengatur waktu untuk mengerjakan skripsi. Kalian bisa tentukan jadwal untuk mencari data ataupun membuat target waktu menyelesaikan bab 1 dan bab-bab selanjutnya. Apabila ada revisi, kalian harus sudah menjadwalkan waktu untuk memperbaiki dan menyerahkan hasil revisian skripsi ke Dosen Pembimbing Skripsi.

Jadi, buatlah timeline mulai dari pasca seminar proposal, revisi, bimbingan, mencari data, mengolah data sampai pada puncak kalian bisa ACC skripsi untuk ujian tugas akhir (sidang). Apa saja isi timeline yang harus kalian buat secara detail? Seperti yang tertera di bawah ini!

  • Kapan harus ACC judul?
  • Kapan harus punya Dosen Pembimbing Skripsi?
  • Kapan harus seminar proposal?
  • Kapan harus revisi dan menyerahkan hasil revisi pasca seminar proposal?
  • Kapan harus mencari data penelitian (ke lapangan penelitian / wawancara informan / sebar angket / kuisioner / ke laboratorium / eksperimen, dll)?
  • Kapan harus mengolah / menganalisis data?
  • Kapan harus bimbingan?
  • Kapan harus ACC skripsi?
  • Kapan harus sidang skripsi?

Mudah bukan membuat timeline?

7. Cari Teori dan Kajian Pustaka yang Linier dengan Topik Penelitian

Mahasiswa sekarang haruslah banyak bersyukur, karena perkembangan teknologi semakin canggih. Tanpa harus pergi ke perpustakaan, kalian bisa mencari materi, jurnal, dan skripsi melalui internet. Tentu ini sangat memudahkan kalian untuk mencari teori dan kajian pustaka guna penelitian skripsi kalian. Untuk melengkapi bab awal skripsi, pastikan kalian harus sudah memiliki referensi lengkap terkait teori dan kajian pustaka untuk penelitian skripsi kalian.

8. Mengumpulkan Data Penelitian dengan Detail

Agar kalian cepat mengolah dan menganalisis data skripsi kalian, pastikan jika data-data penelitian tersebut sudah terkumpul lengkap. Dalam melakukan pengumpulan data, haram hukumnya untuk kalian bermalas-malasan. Jangan sampai karena tergoda hawa malas, kalian jadi telat mengumpulkan data penelitian, dan hal ini akan memengaruhi proses pengerjaan skripsi kalian.

Oleh karena itu, atur jadwal kalian untuk mencari data baik di lapangan atau tempat penelitian (wawancara, sebar angket/kuisioner), laboratorium (eksperimen), lewat literatur (buku), dan sebagainya. Tentu jika pencarian data untuk penelitian skripsi ini terjadwal dengan rapi, maka tips cepat selesaikan skripsi kalian bisa berjalan sukses.

9. Cari Tempat Nyaman untuk Mengerjakan Skripsi

Ciptakanlah ruangan yang nyaman untuk kalian mengerjakan skripsi. Jika kalian suka mendengarkan musik, kalian bisa mengerjakan skripsi sembari ditemani lantunan lagu dari penyanyi idola kalian. Yang pasti, ciptakanlah suasana yang membuat kalian semangat untuk mengerjakan skripsi. Apabila kalian menyukai keheningan, kalian bisa menyepi di kamar untuk mengerjakan skripsi. Pokoknya, carilah tempat ternyaman untuk mengerjakan skripsi ya kawan!

10. Rajin Bimbingan ke Dosen Pembimbing Skripsi

Usahakan tiap seminggu sekali, kalian menghadap Dosen Pembimbing Skripsi kalian untuk bimbingan. Manfaatkan waktu bimbingan tersebut untuk berkonsultasi penuh dengan Dosen Pembimbing Skripsi. Jika ada kesulitan dalam pengerjaan skripsi, ceritakanlah pada Dosen Pembimbing Skripsi kalian. Selanjutnya, yang perlu diperhatikan ketika bimbingan adalah datang tepat waktu (sudah membuat janji terlebih dahulu tentunya), membawa surat bimbingan, dan membawa print out skripsi.

Catatan: Jangan sekali-kali kalian menghilang ketika masa-masa bimbingan skripsi, karena itu akan mempersulit diri kalian, dan bisa membuat komunikasi kalian dengan Dosen Pembimbing Skripsi menjadi tidak harmonis (miskomunikasi).

11. Jangan Malas Revisi Skripsi

Hilangkan rasa malas ketika kalian harus menyelesaikan revisian skripsi. Tentu rasa males revisian skripsi ini bisa menghambat kalian untuk cepat-cepat menyelesaikan skripsi. Supaya tidak malas, sehabis bimbingan, apabila kalian diminta Dosen Pembimbing Skripsi untuk revisi, maka secapatnya kalian langsung revisi. Hal ini bertujuan agar kalian tidak kehilangan semangat saat hari itu, dan kalian juga masih ingat betul poin-poin atau saran serta masukan yang disampaikan oleh Dosen Pembimbing Skripsi.

12. Cari Teman Diskusi untuk Membahas Skripsimu

Dalam mengerjakan skripsi, melakukan bimbingan ke Dosen Pembimbing Skripsi saja tidaklah cukup. Kalian bisa memanfaatkan teman kalian untuk diajak berdiskusi mengenai isi skripsi kalian. Jadi, sebelum kalian menemui Dosen Pembimbing Skripsi, kalian bisa berkonsultasi terkait skripsi kalian ke teman yang kalian anggap mumpuni dan bisa memberikan masukan yang berarti untuk skripsi kalian.

13. Kurangi Nongkrong yang Tidak Berfaedah

Agar kalian bisa khusyuk mengerjakan skripsi tanpa ter-distract apapun, kalian harus dengan sukarela mengorbankan waktu nongkrong kalian. Saat mengerjakan skripsi, usahakan kalian menghindari hal-hal yang bisa membuat fokus kalian terpecah, salah satunya nongkrong yang tidak berfaedah. Jika nongkrong kalian hanya menghabiskan waktu untuk haha hihi, sebaiknya kalian hindari hal-hal wasting time semacam itu. Tetaplah duduk manis di depan laptop, dan kerjakan skripsi kalian dengan tenang dan fokus.

14. Ingatlah Orang-orang Tersayang sebagai Penyemangat

Ketika kalian mulai lelah dan kehilangan semangat saat mengerjakan skripsi, ingatlah orang-orang yang kalian sayangi. Dengan mengingat kedua orang tua, keluarga, sahabat atau pacar tentu bisa membangkitkan spirit kalian untuk mengerjakan skripsi. Jika kalian anak perantauan, kalian bisa menghubungi orang tua kalian untuk meminta semangat dari mereka.

Mengingat orang-orang tersayang menjadi salah satu tips cepat selesaikan skripsi yang sangat ampuh. Tidak percaya? Silakan buktikan kekuatan satu ini.

15. Jangan Lelah Berdoa kepada Tuhan

Manusia dianjurkan untuk berikhtiar (berusaha) dan bertawakal (berserah diri) pada Tuhan. Para pejuang skripsi tentunya sudah berjuang mati-matian agar bisa menyelesaikan tugas akhirnya tersebut. Usaha tentu harus dibarengi dengan doa. Agar proses pengerjaan skripsi ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses sesuai harapan, jangan pernah absen untuk terus memohon dan berdoa kepada Tuhan.

Demikian tips cepat selesaikan skripsi dari Masmoe. Untuk para pejuang skripsi, semoga kalian diberikan kekuatan untuk mengerjakan dan menyelesaikan skripsinya. Selamat berjuang dan semangat! (Ayu Restianti)

Pecinta sepak bola yang gemar membaca dan menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.