Cara Menghadapi Bos/Atasan yang Tidak Adil

Cara Menghadapi Bos/Atasan yang Tidak Adil

Sebagai seorang karyawan tentunya memiliki seorang Bos/Atasan yang baik nan pengertian adalah sebuah impian. Seorang Bos yang mampu mengayomi dan memimpin anak buahnya dengan baik adalah Bos Impian. Namun tentu banyak ditemukan Bos yang Tidak Sesuai dengan keinginan kita. Lantas bagaimana Cara Menghadapi Bos yang seperti itu?

Tidak semua karyawan beruntung memiliki seorang atasan yang pengertian dan mendengarkan kita. Banyak Boss yang bersikap semaunya dan berperilaku kurang menyenangkan. Bahkan sebagian dari mereka ada yang membawa masalah pribadi ke perusahaan. Tentunya ini menjadi hal yang cukup tidak menyenangkan bukan.

Apakah sahabat punya Bos yang tidak adil / baperan / sering marah / galak / pelit? Jangan khawatir untuk sahabat yang galau dengan hal diatas bisa membaca terlebih dahulu Tips / Cara Menghadapi Bos / Atasan yang Tidak Adil yang bisa sahabat praktikkan biar ngak gampang stress.

1. Tanggapi dengan Cepat

Cara menghadapi bos yang pertama adalah dengan melakukan tindakan yang cepat. Bos yang sedang dalam kondisi sensitif / sedang terbawa perasaan ini bukan berarti tidak suka dengan cara sahabat bekerja. Bisa saja sang bos sedang terbawa suasana dan ada banyak sekali beban pikiran yang membuatnya seperti itu.

Cara efektif untuk menghadapi mood Boss yang seperti ini adalah dengan mengerjakan secara cepat dan tepat apa yang diperintahkannya. Apalagi jika kita setiap harinya berada di ruangan yang sama dengan si Boss dan sering bertemu, kita pasti akan sering mendapatkan sesuatu yang bisa membuat kita kurang nyaman dalam bekerja.

2. Fokus Pada Pekerjaan

Cara Menghadapi Boss Selanjutnya adalah dengan membuat diri kita Fokus dengan apa yang sedang kita kerjakan. Tentunya sebagai seorang karyawan salah satu tanggung jawab yang harus kita laksanakan dan penuhi adalah menyelesaikan pekerjaan. Oleh sebab itu lupakan sejenak sikap yang membuat kita tidak nyaman terhadap boss kita dan berfokuslah pada apa yang menjadi tanggung jawab kita.

Baca Juga : Peluang Usaha Sampingan Karyawan dengan Modal Kecil

Kerjakan setiap pekerjaan yang kita hadapi sedikit demi sedikit, sehingga tanpa terasa nantinya pekerjaan akan selesai dengan sendirinya. Jika pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita sudah selesai tentunya kita akan lebih nyaman dalam bersikap.

Bandingkan jika kita belum menyelesaikan pekerjaan kita, tentunya hal tersebut akan membuat kita semakin stress menghadapi Mood Boss yang lagi sedang tidak enak. Tentu kita akan semakin mendapatkan banyak omelan dan peringatan dari Boss.

3. Ikuti Aturan

Sebesar apapun rasa Benci kita terhadap Atasan, kita harus mematuhi segala peraturan yang sudah kita sepakati di awal saat tanda tangan kontrak. Sebagai contoh kita harus datang tepat waktu, jangan sampai kita datang terlambat saat Mood atasan sedang tidak enak. Tentu kita akan merasakan akibatnya.

Dengan mengikuti aturan kita akan terbebas dari masalah lain yang mungkin akan muncul jika atasan kita sedang ada masalah. Oleh sebab itu kita harus bekerja secara Professional. Taat aturan adalah Cara Menghadapi Boss yang sebaiknya kita lakukan.

Terjadinya sebuah masalah pasti selalu ada sebabnya, salah satunya mungkin adalah keterlambatan kita dalam bekerja. Si Boss akan merasa bahwa dengan kita datang terlambat maka kita akan dianggap membuang waktu kerja, merusak aset perusahaan atau si Boss bisa memprovokasi Rekan kita dalam bekerja untuk membuat kita tidak nyaman.

Tentu hal tersebut harus bisa kita hindari agar kita bisa dengan nyaman bekerja layaknya bekerja untuk perusahaan sendiri.

4. Pahami Kontak Kerja

Sebagai seorang Karyawan yang Professional tentunya kita harus benar-benar membaca dan memahami apa yang menjadi acuan kita dalam bekerja. Tentunya ada berbagai hal yang diatur dalam kontak kerja tersebut. Terutama hak dan kewajiban anda sebagai seorang Proffesional.

Jika kita merasa telah memenuhi semua kewajiban maka cermati hak kita. Jika hak-hak tersebut dilanggar oleh atasan, menghadaplah ke atasan dan cobalah untuk berdiskusi mencari solusi supaya kita bisa bekerja dengan nyaman.

Usahakan utarakan pendapat kita dengan bahasa yang baik dan sopan. Jujurlah bahwa dengan apa yang dilakukan atasan kita ini membuat tidak nyaman dalam bekerja. Sehingga mempengaruhi kinerja kita dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan oleh Perusaahaan.

Jangan takut atau berkecil hati, karena ini semua untuk kebaikan bersama. Baik untuk kita sebagai karyawan yang merasa nyaman dan lebih giat dalam bekerja atau untuk perusahaan sendiri yang bisa mendapatkan orang yang loyal dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

5. Konsultasi dengan HRD

Jika anda merasa tertekan setelah bertemu dengan Atasan dan tidak mendapatkan jawaban dari apa yang sedang didiskusikan tadi, sebaiknya kita mencoba berbicara dengan HRD. Kita berikan informasi apa yang kita hadapi tentang atasan tersebut dan rasa kecewa kita kepada HRD.

Informasikan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh atasan ini mengganggu kita dalam bekerja dan menurunkan tingkat produktifitas kita dalam bekerja.

Pada umumnya pihak HRD akan mencoba membicarakan ini kepada Atasan dan mungkin bisa membantu memecahkan masalah kita. Jika apa yang sudah kita utarakan ini juga tidak membantu, kita bisa melakukan pengaduan ke Serikat Pekerja yang ada di Perusahaan kita bekerja.

Nah itu tadi beberapa tips Cara Menghadapi Bos/Atasan yang Tidak Adil yang bisa kita gunakan untuk membuat kita lebih nyaman dalam bekerja. Semoga kita bisa mendapatkan seorang atasan yang baik dan membuat kita sangat nyaman dalam bekerja. Aamiin.

Seorang yang Hobi Menulis, memulai hidup dari Blora kemudian sekarang menetap di Kota Istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.