dHallo Sahabat Masmoe, menjadi seornag yang sukses dalam berbisnis tentunya menjadi keinginan dari setiap orang. Tidak terkecuali buat sahabat yang tinggal di desa, Usaha Potensial di Desa  tentunya ada banyak macam jenisnya. Bisa dimulai dari hobi, kebutuhan warga sekitar atau bisa memanfaatkan berbagai macam situs marketplace.

Tentunya ada banyak sekali peluang yang bisa kita garap untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau menjadikan bisnis ini sebagai penopang berbagai macam kebutuhan keluarga kita.

Semua peluang usaha potensial di desa semuanya sudah ada, tergantung bagaimana kita dalam menyikapi setiap peluang yang ada.

Buat sahabat yang saat ini sedang berada di Desa dan memiliki sebuah keinginan untuk memulai sebuah usaha atau bisnis namun masih ada sesuatu yang membuat sahabat bingung dalam pemilihan jenis usaha apa yang cocok dan menjanjikan tentunya artikel ini sangat cocok untuk sahabat baca sampai selesai.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Di Desa Terpencil

Karena pada dasarnya dari setiap kita yang mungkin saat ini bekerja di luar kota tentunya suatu saat nanti ingin kembali ke kampung halaman/desa untuk membangun sebuah bisnis. Tentunya ada banyak faktor yang membuat ini sering terjadi dan faktor utamanya mungkin sama yaitu ingin berkumpul bersama dengan keluarga besar kita.

Pada Kesempatan ini sahabat kami akan memberikan beberapa contoh Peluang Usaha Potensial di Desa yang bisa sahabat tekuni. Namun sebelumnya simak beberapa tips dari kami ya 🙂

Tips Memilih Peluang Usaha Potensial di Desa

Sebelum memulai sebuah usaha tentunya ada beberapa hal yang perlu sahabat perhatikan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa sahabat renungkan terlebih dahulu agar apa yang akan kita kerjakan nanti tidak membuat kita merugi.

1. Lakukan Survey Terlebih Dahulu

Sebelum memulai sebuah bisnis tentunya hal pertama yang perlu kita lakukan adalah melakukan survey terlebih dahulu. Apa saja yang menjadi kebutuhan warga masyarakat sekitar, apa yang sudah ada di masyarakat serta segmen pasar yang akan sahabat tuju. Itu semua perlu dilakukan sebuah survey terlebih dahulu guna mendapatkan peluang bisnis dengan prospek tinggi.

Sahabt bisa mencoba melakukan survey dengan bertanya dengan kerabat yang ada di desa secara langsung maupun ke tetangga. Yang paling penting jangan lupakan saran dari kedua orang tua sahabat. Karena setiap apa yang kita lakukan pasti akan membuat orang tua kita berpikir lebih keras dari biasanya.

Apalagi ini kita mau keluar dari zona nyaman kita. Jadi jangan lupakan nasihat dari ornag tua ya sahabat.

2. Minat dan Bakat Sahabat

Memulai sebuah usaha dari minat dan bakat sudah menjadi hal yang wajar dan sudah terbukti banyak yang berhasil. Karena kita melakukannya berdasarkan hati dan pikiran kita selalu senang dibuatnya.

Namun hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyadari dan memikirkan dengan baik apa yang menjadi minat dan bakat kita. Karena banyak efek positif yang bisa kita dapatkan dari menjalankan bisnis sesuai minat dan bakat kita.

Dengan demikian hal ini tentunya akan membuat kita serius dan senang dengan usaha yang kita lakukan. Maka peluang untuk berhasil dan sukses akan semakin besar.

3. ATMR ( Amati, Tiru, Modifikasi dan Review )

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kalau ingin berhasil maka belajarlah dengan orang yang sudah sukses terlebih dahulu. Kita harus mengamati apa yang sudah dilakukan oleh orang-orang yang sudah sukses.

Jika kita sudah mengetahuinya kita bisa menirunya dan menambahkan sedikit sentuhan khas kita yang bisa membuat bisnis ini menjadi ciri khas kita. Selanjunya selalu lakukan review dan evaluasi dengan apa yang sudah kita kerjakan.

Dengan langkah ini maka peluang untuk gagal akan semakin kecil jika kita melakukannya secara benar dan bertahap.

Bagi sahabat yang ingin berlibur di Jogja bisa menggunakan Paket Wisata Jogja dari Destinesa.

Setelah sahabat mencari tahu tentang apa yang sebaiknya sahabat lakukan sebaiknya sahabat juga mengetahu Beberapa Ciri-Ciri Usaha seperti apa sih yang seharusnya kita kembangkan dan memiliki Potensi yang besar untuk maju.

Ada beberapa ciri-ciri yang perlu sahabat perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1 Memenuhi Kebutuhan Masyarakat 

Salah satu ciri-ciri usaha potensial yang pertama adalah Memenuhi Kebutuhan Masyarakat. Sudah kita ketahui bersama bahwa usaha yang menguntungkan dan memiliki potensi yang besar adalah yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Setelah kita mengetahui pasar mana yang akan kita sasar tentunya ini akan menjadi keuntungan buat kita dan kita bisa merancang strategi apa yang sebaiknya kita gunakan untuk menyasar pasar yang kita tentukan.

Semakin besar pasar yang kita sasar maka semakin banyaknya pesaing yang juga bermain dipasar yang sama juga besar. Tergantung bagaimana kita melakukan pendekatan/strategi untuk menarik pasar. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti pelatihan digital marketing atau seo di JogjaWebHost.

2 Memiliki Kerugian yang Kecil

Mungkin banyak pepatah yang mengatakan bahwa usaha yang besar memiliki potensi kerugian yang besar adalah sebuah pepatah yang tidak salah. Namun untuk pemula seperti kita ini tentunya menjadi tantangan yang harus kita hadapi. Mungkin kebanyakan dari kita akan merasa kurang nyaman atau yakin jika kita keluar dari zona nyaman dari kita bekerja dengan memulai sebuah bisnis.

Tentu dengan modal awal yang mungkin besar akan membuat kita berpikir ulang beberapa kali. APakah kita akan memulai bisnis atau hanya ingin tetap berada di Zona Nyaman. Oleh sebab itu pilihanyang paling bijak adalah dengan memilih usaha dengan potensi kerugian kecil.

Ini adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan kerugian kita, kita bisa memulai dari usaha yang kecil dengan untung yang relatif lebih kecil dahulu.

3 Tidak Bersifat Sementara / Musiman 

Ini adalah ciri ketiga Usaha Potensial di Desa yang harus terpenuhi jika kita ingin memulai sebuah usaha. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah untuk menentukan usaha apa yang sebaiknya kita geluti. Namun dengan memilih usaha yang tidak musiman tentunya akan membuat usaha yang kita jalankan ini bisa bertahan lama.

Sebagai contoh adalah jika kita ingin memiliki usaha kue kering, segeralah memulai usaha ini dengan menjual dengan harga yang terjangkau. Mungkin iya permintaan pasar akan meningkat jika akan mendekati lebaran. Namun jangan menunggu lebaran akan datang, kita akan terlambat mencari pasar.

Mulailah dengan segera dengan mencoba menitipkan di warung-warung yang ada di Desa. Mulai dari hal kecil terlebih dahulu sehingga kita bisa mencari pasar terlebih dahulu.

Tidak mudah memang untuk mengembangkan dan mencari usaha potensial di Desa ini. Ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar usaha yang kita bikin ini tidak mengalamai kerugian.

Salah satu cara yang bisa kita gunakan adalah membuat business plan. Dimana disana akan terukur apa saja yang perlu kita siapkan dan apa saja yang seharusnya kita gunakan agar apa yang kita lakukan tidak sia-sia.

Ada banyak sekali usaha potensial yang ada di Desa. Sahabat bisa membacanya di Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan & Menjanjikan. Ada banyak usaha potensial di desa di halaman tersebut. Salam


administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.