Siapa tak kenal negeri samurai, Jepang? Negara yang terkenal dengan kecantikan bunga sakuranya ini selalu menyedot perhatian warga dunia dengan segala keunikannya.

Ada banyak hal populer dan menarik yang dimiliki negara Jepang hingga mampu menyedot perhatian khayalak dunia. Sebagai salah satu negara yang menjadi trendsetter masyarakat dunia, Jepang tak bosan-bosannya memberikan pengaruh terhadap gaya hidup masyarakat di seluruh penjuru dunia.

Dari mulai makanan, fashion, hairstyle, musik, perfilman, dan gaya hidup orang Jepang  yang populer selalu menarik perhatian banyak orang di jagat raya. Berikut ini telah dirangkum 5 hal paling populer dari Jepang yang menyedot perhatian dunia menurut Masmoe :

1. Anime

Sumber : www.pexels.com
Sumber : www.pexels.com

Anime, tak asing di telinga dulur-dulur, bukan? Anime sangat dielu-elukan para remaja dunia, khususnya di Indonesia. Anime adalah salah satu yang populer dari Jepang. Anime merupakan animasi dari Jepang yang digambar atau diilustrasikan dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Banyak orang rela mendownload tiap episode-nya demi mengikuti jalan cerita anime yang seru, menegangkan, membuat penasaran, dan tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Anime sendiri bisa menjadi candu bagi siapa pun yang menontonnya. Banyak Wibu atau Otaku (sebutan bagi pecinta anime) yang rela berjam-jam maraton menonton anime.

Anime yang sangat terkenal dan booming di dunia diantaranya adalah One Piece karya mangaka Eiichiro Oda dan Naruto karya mangaka Masashi Kishimoto. Anime yang populer dan banyak diminati remaja dunia biasanya memiliki episode yang panjang umur. Tapi, panjang tidaknya episode anime, sebenarnya hal tersebut tergantung kepada si pengarang atau mangaka yang membuat alur ceritanya. Ada banyak anime yang memiliki episode sedikit, seperti 12 episode saja. Sebut saja anime horror-thriller yang terkenal berjudul Another. Pokoknya, anime betul-betul salah satu 5 hal paling populer dari Jepang yang menyedot perhatian dunia.

2. Idol Group dan Musik J-Pop

Sumber : stage48.net
Sumber : stage48.net

Jika K-Pop memiliki girlband dan boyband yang mendunia, maka sama halnya dengan J-Pop. Jepang memiliki industri musik yang tak kalah bersinarnya dengan Korea Selatan. Jepang terkenal dengan musik J-Popnya yang juga populer di kalangan masyarakat dunia. Industri musik J-Pop di Jepang memang banyak dikuasai oleh kumpulan idol group yang merebak di mana-mana. Sebut saja idol group yang sangat fenomenal bernama AKB48. AKB48 (Akihabara 48) pertama kali dibentuk pada tahun 2005. AKB48 didirikan oleh sang produser Yasushi Akimoto. AKB48 terkenal dengan member Kami7-nya (Takahashi Minami, Atsuko Maeda, Oshima Yuko, Watanabe Mayu, Mariko Shinoda, Tomomi Itano, dan Kojima Haruna). Disisi lain, AKB48 memiliki sister group yang berada di Jepang (SKE48, NMB48, HKT48, NGT48, dan STU48), India (DEL48 dan MUB48), Filipina (MNL48), Thailand (BNK48 dan CGM48), Vietnam (SGO48), dan juga Indonesia (JKT48).

Sumber : www.babymetal.com
Sumber : www.babymetal.com

Tidak hanya AKB48 saja yang mampu menghipnotis mata masyarakat dunia, ada idol group lain juga yang tak kalah populernya dengan AKB48. Mereka adalah idol group sekaligus band Babymetal. Sub-unit dari grup Sakura Gakuen ini sering mengadakan tour ke berbagai negara, baik Asia, Eropa bahkan Amerika. Babymetal yang beraliran heavy metal, kawaii metal, death metal dan J-Pop ini sudah sering manggung di acara musik metal, seperti Rock am Ring, Download, dan acara musik metal lainnya. Babymetal pernah satu panggung juga dengan band metal Bring Me The Horizon. Idol group Jepang ini memang sangat populer dan tak salah jika mampu menyedot perhatian dunia. Wajar jika para Wota (sebutan penggemar idol group) setia menonton aksi idol group kesayangannya.

3. Harajuku Hairstyle

Sumber : www.pexels.com
Sumber : www.pexels.com

Harajuku hairstyle adalah gaya rambut anak muda Jepang yang tidak mengenal aturan atau sistem tertentu. Harajuku hairstyle yang populer pada tahun 90-an ini tidak terikat dengan aturan fashion tertentu. Gaya rambut harajuku sendiri merupakan model rambut shaggy yang mengalami perkembangan sehingga membuat tren rambut baru yang populer pada saat itu. Harajuku hairstyle yang juga salah satu dari 5 hal paling populer dari Jepang yang menyedot perhatian dunia tidak hanya digandrungi oleh para remaja Jepang, tapi juga Indonesia. Public Figure yang pernah memakai harajuku hairstyle ini antara lain penyanyi berprestasi Agnez Mo, musisi Kevin Aprilio, dan grup band J-Rocks.

4. Life Style Orang Jepang

Sumber : www.pexels.com
Sumber : www.pexels.com

Gaya hidup orang Jepang sering kali menjadi pusat perhatian masyarakat dunia. Yang populer dari gaya hidup orang Jepang diantaranya adalah sikap pekerja keras dan budaya cinta kebersihannya yang patut diacungi jempol. Wajar saja jika kerja kerasnya mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Seperti halnya hasil produksi Jepang yang bisa menguasai pasaran dunia, sebut saja produk motor Honda dan Yamaha, serta produk Jepang terkenal lainnya. Orang Jepang memang terkenal sangat tekun dan ulet dalam melakukan suatu pekerjaan. Bagaimana tidak populer? Sungguh salah satu dari 5 hal paling populer dari Jepang yang menyedot perhatian dunia.

Selain itu, budaya cinta kebersihan orang Jepang sangat patut untuk ditiru dan dicontoh. Sebagai penganut ajaran agama Shinto, sikap menjaga kebersihan di Jepang menjadi bagian dari kegiatan spiritual agama. Hal ini yang menyebabkan tingkat kebersihan di Jepang sangat tinggi. Tak heran jika beredar rekam video yang menggambarkan betapa bersihnya selokan di negara Jepang, malah ada ikan hiasnya, lho!

5. Cosplayer Cewek Jepang yang Kawaii

Sumber : www.pexels.com
Sumber : www.pexels.com

Para Wibu dan Otaku pasti setuju kalau karakter cewek di anime Jepang itu biasanya tercipta kawaii alias cantik dan lucu menggemaskan. Banyaknya karakter cewek kawaii di anime Jepang ternyata menginspirasi para Wibu dan Otaku cewek untuk menjadi cosplayer para karakter cewek anime tersebut. Salah satu karakter anime yang laris dijadikan sebagai icon atau cosplayer cewek saat meramaikan parade culture atau budaya Jepang adalah Usagi Tsukino sang pemimpin dan maskot dari Sailor Moon. Show yang menampilkan cosplayer ini memang populer banget hingga banyak disenangi masyarakat dunia. Penyuka cosplayer nggak hanya di Jepang saja ya dulur-dulur.

Itulah 5 hal paling populer dari Jepang yang menyedot perhatian dunia menurut Masmoe. Kalau dulur-dulur, suka yang mana nih dari salah satu 5 hal paling populer dari Jepang yang menyedot perhatian dunia? Tetap istiqomah berwibu dan berwotagei ria dulur-dulur Masmoe. (Ayu Restianti)


administrator

Pecinta sepak bola yang gemar membaca dan menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.