5 Hobi Ampuh Penghilang Stres

5 Hobi Ampuh Penghilang Stres

Apakah dulur-dulur sedang berada dalam tekanan yang berat? Hati-hati! Dulur-dulur tidak boleh larut dalam perasaan tertekan. Perasaan stres memang sangat mudah dialami oleh orang dewasa. Adanya faktor tekanan dari pekerjaan, tuntutan kebutuhan hidup yang banyak, dan lainnya menjadi penyebab utama orang-orang menjadi mudah stres.

Berlama-lama dalam kondisi stres tentu saja tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Perlu dulur-dulur ketahui, banyak kegiatan atau hobi yang ampuh menghilangkan rasa stres sehingga pikiran dulur-dulur bisa pulih kembali dan tenang.

Berikut ini 5 hobi ampuh penghilang stres ala Masmoe :

1. Traveling

Traveling atau jalan-jalan memang ampuh dalam mengurangi rasa stres dan beban pikiran. Misalnya saja pergi traveling ke pegunungan. Dulur-dulur bisa pergi traveling ke gunung untuk mendapatkan udara segar. Pemandangan pepohonan hijau dapat menyegarkan mata dan pikiran para penikmatnya. Selain itu, dulur-dulur juga bisa traveling ke pantai untuk mendapatkan ketenangan dari suara ombak. Dijamin, energi alam dapat meredakan stres.

2. Fun Cooking

Fun cooking atau memasak ceria merupakan salah satu kegiatan yang tak kalah menyenangkan. Memasak sesungguhnya sudah menjadi tugas harian ibu rumah tangga. Tapi, tak hanya ibu rumah tangga saja lho yang rajin memasak, anak muda perempuan ataupun para lelaki juga kerap menjadikan memasak sebagai hobi bahkan aktivitas sehari-hari. Jadi, jangan meremehkan kegiatan memasak. Kenapa? Memasak dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres. Memasak dengan cara ceria atau fun cooking bisa menjadi media dulur-dulur untuk menghilangkan rasa penat. Dengan catatan, saat memasak, dulur-dulur harus melakukannya dengan penuh perasaan bahagia, fun, dan bukan justru merasa tambah tertekan. Nanti malah tambah stress, kan?

3. Berkebun

Hobi penghilang stres selanjutanya adalah berkebun. Sebelum berkebun, pastikan tanaman berada dilokasi yang terkena paparan sinar matahari secara langsung dan mendapatkan udara yang segar. Kegiatan berkebun sangat baik untuk mengurangi kejenuhan akibat beban pekerjaan di kantor yang menumpuk. Selain itu, berkebun memiliki manfaat yang baik, yaitu menciptakan lingkungan menjadi lebih indah dan asri. Dengan berkebun dan menanam beragam tanaman tentu dapat memberikan ketenangan kepada dulur-dulur.

4. Mewarnai Gambar

Selama ini, mewarnai gambar dipandang sebagai kegiatan yang identik dengan aktivitas anak kecil. Namun, kegiatan ini sebenarnya cocok untuk berbagai usia. Mewarnai gambar bisa menjadi salah satu hobi penghilang stres. Mewarnai gambar bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bisa membuat pikiran menjadi tenang. Dulur-dulur perlu untuk mencobanya sebagai penghilang rasa jenuh dan stres. Aktivitas ini bisa membuat mood menjadi lebih baik, lho.

5. Merajut

Merajut merupakan kegiatan yang sering kali dilakukan oleh orang tua. Walaupun terlihat rumit, merajut nyatanya bisa membuat mood kita jadi lebih baik, lho. Untuk merajut, dulur-dulur dipaksa memiliki konsentrasi dan kejelian yang luar biasa. Tentu hal ini memacu dulur-dulur untuk berpikir dengan penuh ketenangan. Hal inilah yang membuat perasaan dulur-dulur menjadi lebih tenang. Merajut bisa menjadi meditasi tersendiri untuk dulur-dulur. Sesungguhnya kunci keberhasilan merajut adalah ketenangan. Merajut juga bisa menjadi salah satu hobi yang produktif, karena setelah selesai merajut, dulur-dulur akan mendapatkan hasil karya yang secara tidak langsung memberikan efek kepuasan terhadap jerih payah diri sendiri.

Itulah 5 hobi ampuh penghilang stres ala Masmoe. Selamat menjalankan ibadah hobi dulur-dulur. (Nasrudin Muzakki)

I like traveling and writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.