Tidak semua anak terlahir dengan keluarga yang lengkap dan sempurna. Penyebabnya pun berbeda-beda. Ada yang karena orang tuanya sudah tiada, dan adapula yang karena orang tuanya bercerai hidup.

Sungguh menyakitkan bagi anak-anak yang memiliki masa lalu kelam terlahir di keluarga “broken home”. Perceraian kedua orang tua terkadang tak bisa dihindarkan. Ada banyak faktor, antara lain karena perselingkuhan, ekonomi, perbedaan prinsip, keegoisan, dan hal-hal perusak lainnya.

Menjadi anak broken home sangat tidak mengenakan. Walaupun begitu, perasaan ini sebenarnya tergantung bagaimana si anak menyikapi situasinya. Jika bisa memilih, tak ada satu pun anak yang ingin menjadi korban broken home. Namun, rencana Tuhan, kita tak pernah tahu.

Biarpun begitu, jangan jadikan “korban broken home” sebagai alasan untuk tidak maju dan sukses. Jangan sampai karena perceraian kedua orang tua membuat hidupmu semakin terpuruk dan hancur. Kalian juga memiliki kesempatan yang sama dengan manusia lainnya, yaitu sama-sama memiliki kesempatan untuk meraih masa depan yang cerah dan hidup lebih baik serta bahagia.

Untuk kalian anak broken home, ada banyak cara untuk healing sejenak dari beratnya menjalani hidup. Dengan begitu, kalian bisa mengumpulkan energi positif dan kembali semangat melanjutkan perjuangan hidup.

Salah satu healing yang bisa kalian lakukan adalah mendengarkan lagu-lagu yang mewakili perasaan kalian. Tentunya lagu-lagu yang tidak hanya mengandung lirik kesakitan, keterpurukan, dan kesedihan saja. Tapi juga lagu-lagu yang mengandung lirik menyemangati agar kalian bisa bangkit kembali dari rasa trauma masa lalu.

Berikut 5 lagu ini mewakili perasaan anak broken home banget, liriknya bisa menggugah pendengarnya untuk semangat menjalani hidup.

1. Because of You – Kelly Clarkson

Kelly Clarkson yang merupakan pemenang American Idol angkatan pertama ini pernah menulis lagu berjudul Because of You. Lagu ini menjadi single-nya yang sangat hits sampai saat ini. Meskipun lagunya terkenal, ternyata lagu Because of You menjadi catatan yang menyakitkan untuk Kelly. Lagu ini ditulis terinspirasi dari kisah hidup Kelly yang merupakan anak broken home. Kelly tumbuh dewasa bersama ibunya, dan banyak hal pahit yang dialami oleh Kelly selama tinggal bersama ibunya. Lirik Because of You sangat menyentuh dan relate sekali dengan apa yang dirasakan oleh anak broken home.

Selain itu, video clip lagu Because of You sangat merepresentasikan keadaan keluarga broken home yang selalu dihiasi pertengkaran dan tangisan. Walaupun Kelly meluapkan segala emosinya lewat lagu ini, dia juga tidak lupa untuk mengingatkan pendengar lagunya lewat lirik lagunya agar tidak terjebak disituasi yang sama seperti orang tuanya yang bercerai dan menyebabkan kesedihan mendalam kepada anak-anaknya.

2. Nobody’s Home – Avril Lavigne

Dulur-dulur Masmoe yang mengikuti perkembangan lagu-lagu Avril Lavigne tahun 2003-2004 pasti tidak asing dengan lagu Nobody’s Home. Lagu ini memiliki lirik yang menggambarkan betapa bimbangnya seorang anak broken home ketika dirinya pulang ke rumah. Nobody’s home? Lagu ini benar-benar menggambarkan betapa hancurnya anak broken home yang semakin hari semakin kehilangan arah dan tujuan hidup. Masalah demi masalah muncul dalam hidupnya. Lagu ini berhasil mengisahkan perjalanan anak broken home yang dalam kesedihannya mulai merasakan kehilangan tempat tinggal, kehilangan kepercayaan, dan tak tahu di mana keluarganya. Siapa yang bisa membantu anak broken home? Lagu Nobody’s Home memang sangat emosional. Sungguh mewakilkan perasaan anak broken home, bukan?

3. Broken Home – 5SOS

Lagu Broken Home milik 5SOS (5 Seconds of Summer) benar-benar lagu yang mewakili perasaan anak broken home. Dari judulnya saja dulur-dulur sudah bisa menebaknya bukan? Lagu Broken Home menceritakan tentang anak broken home yang mempertanyakan kepada kedua orang tuanya kapan penderitaan dalam keluarganya berakhir. Lagu Broken Home membawa  pendengarnya kepada problematika keluarga broken home yang selalu dihiasi pertengkaran, saling menyalahkan satu sama lain, saling menyakiti, dan hal-hal pahit lainnya. Namun dari lagu ini kita bisa belajar untuk tidak egois, menuduh siapa yang salah dan mengaku siapa yang benar sehingga mengabaikan rasa peduli satu sama lain.

4. Confessions of a Broken Heart (Daughter to Father) – Lindsay Lohan

Siapa yang tak kenal aktris cantik Lindsay Lohan? Pemeran film sekaligus penyanyi ini merupakan korban broken home. Lindsay mengalami lika-liku hidup yang sangat hebat, mulai dari perceraian kedua orang tuanya yang membuat keluarganya berantakan hingga kecanduan obat-obatan terlarang. Lindsay menuangkan pengalaman pahitnya menjadi anak broken home lewat sebuah lagu berjudul Confessions of a Broken Heart (Daughter to Father).

Lagu ini bercerita tentang Lindsay. Lirik lagunya menggambarkan seorang anak gadis yang mengharapkan kehadiran seorang ayah di kala keluarganya sudah berada diujung tanduk kehancuran. Bagi anak broken home yang merindukan sosok ayah yang entah berantah keberadaannya, lagu ini bisa mewakili perasaan kalian. Sehancur-hancurnya keluarga kalian, jangan pernah melupakan kedua orang tua kalian. Meskipun pertanyaan “Apakah ayah mencintaiku?” akan selalu menghantui pikiran kalian.

5. The Only Exception – Paramore

Lagu The Only Exception merupakan hits dari band rock Paramore. Lagu ini ditulis oleh sang vokalis, Hayley Williams. Lagu ini terinspirasi dari kisah hidup Hayley yang merupakan anak broken home. Lagu ini bercerita tentang traumatik seorang anak yang diakibatkan oleh kedua orang tuanya yang bercerai. Hal ini memengaruhi dirinya untuk tidak menyanyikan lagu-lagu tentang cinta. Namun, kehadiran orang lain dalam hidupnya (pasangan) menjadi pengecualian dirinya untuk menyanyikan lagu-lagu cinta, karena ada cinta yang dia dapatkan dari orang lain, meskipun bukan dari kedua orang tuanya. Lagu ini mengajarkan kita untuk tidak menjadikan perceraian orang tua sebagai pemicu kita untuk tidak membuka hati kepada orang lain. Kita berhak mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang lain. Jangan sampai perceraian kedua orang tua membuat kalian menjadi parno dan trauma. Tidak semua manusia menyakitkan. Ada banyak cinta yang bisa kalian dapatkan di dunia ini.

Itulah 5 lagu yang mewakili perasaan anak broken home banget. Makna dan hikmah lagu diintervensi oleh interpretasi penulis. Untuk anak-anak broken home di seluruh dunia, tetap hidup dan semangat! Stay alive, stay survive. (Ayu Restianti)


administrator

Pecinta sepak bola yang gemar membaca dan menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.