25 hari telah berlalu. Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 sudah selesai digelar. Berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan upacara kemerdekaan tahun ini digelar di tengah pandemi Covid-19. Meskipun begitu, warga Indonesia tetap khidmat merayakan HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus 2020.

Seperti halnya yang dilakukan warga Bembem, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta. Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, warga Bembem menggelar pembentangan bendera Merah Putih. Pembentangan bendera berlangsung di jembatan gantung atas Kali Opak yang mengalir di area Bembem.

Aksi pembentangan bendera Merah Putih di Kali Opak dilakukan bukan hanya sekadar untuk memperingati HUT RI. Tapi ada nilai dan pesan tertentu yang ingin disampaikan ke warga Bembem. Pemuda Bembem yang berinisiatif menginisiasi acara tersebut ber-statement bahwa pembentangan bendera Merah Putih di atas Kali Opak merupakan wujud semangat warga Bembem dalam mengisi peringatan hari kemerdekaan Indonesia melalui kegiatan positif dengan mengkampanyekan “hargai dan cintai sungai”.

Saat ini, tidak sedikit sungai-sungai di Indonesia yang sudah tercemar. Kesadaran masyarakat Indonesia untuk tidak membuang sampah rumah tangga dan limbah pabrik ke sungai masih sangat kurang. Hal tersebut membuat kondisi air sungai menjadi kotor dan tercemar.

Tentu kampanye hargai dan cintai sungai ini diharapkan dapat mendorong warga Bembem untuk berpartisipasi aktif dalam melestarikan sungai dan menjaga keasrian Kali Opak agar tetap jernih dan tidak tercemar. Bukankah wujud dari mencintai negara Indonesia bisa dilakukan dengan terus menjaga keasrian alamnya (tidak merusak)?

Meskipun aksi pembentangan bendera Merah Putih digelar di tengah pandemi Covid-19, hal ini tidak menyurutkan semangat warga Bembem. Tidak hanya pemuda, anak-anak dan orang tua pun ikut antusias dalam mengikuti aksi pembentangan bendera Merah Putih di area Kali Opak tersebut. Tentu saja, aksi pembentangan bendera Merah Putih ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pembentangan bendera Merah Putih di atas Kali Opak memang sudah rutin dilakukan oleh warga Bembem tiap memperingati HUT RI setiap tahunnya. Aksi pembentangan bendera di Kali Opak ini diharapkan dapat terus dilakukan tiap tahunnya. Mengapa? Karena hal tersebut dapat menjadi refleksi warga Bembem untuk terus menghargai dan mencintai sungai dengan terus melestarikan dan menjaga keasrian Kali Opak. (Nasrudin Muzakki)


administrator

I like traveling and writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.