Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal & Internal ~ Mungkin dulur-dulur sudah mengetahui bersama bahwasanya ada banyak sekali Peluang Usaha yang bisa kita jadikan sebagai usaha untuk mencukupi berbagai kebutuhan kita.

Peluang ini bisa dikatakan sebagai kesempatan yang datang dari sebuah peristiwa atau kejadian. Sebuah peluang usaha ini bisa datang dari berbagai macam hal seperti ide kita sendiri, atau mungkin dari kesempatan yang bisa kita manfaatkan.

Munculnya ide ini sendiri biasanya terjadi karena adanya pertemuan dengan rekan kita misalnya. Atau secara teori terjadi antara memory dan pendidikan (pengalaman) yang dimiliki seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah. Hal ini juga bisa memunculkan peluang.

Secara Garis besar Sumber Peluang Bisnis dari Faktor Eksternal ini muncul dari diri kita sendiri, orang lain atau lingkungan sekitar tempat kita bergaul. Sumber Peluang usaha ini dibedakan menjadi dua faktor utama :

1. Faktor Internal

Sumber Peluang Usaha yang pertama yang dapat muncul ini bersumber dari internal diri kita sendiri. Biasa ada beberapa faktor yang bisa memunculkan Peluang Usaha ini. Faktor tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pengetahuan
  2. Pengalaman yang dialami diri sendiri
  3. Pengalaman Orang Lain
  4. Berasal dari Pemikiran Diri Sendiri

2. Faktor Eksternal

Selain dari faktor internal, sumber peluang usaha ini bisa didapatkan dari faktor Eksternal atau terinspirasi dari orang lain. faktor eksternal ini biasanya di peroleh dari :

  1. Permasalahan yang dihadapi
  2. Kesulitan yang sering muncul dalam keseharian
  3. Kebutuhan yang belum dapat di penuhi oleh diri sendiri atau orang lain
  4. Pemikiran untuk membuat hal yang baru

Kedua faktor tersebut merupakan dua faktor utama yang menjadi Sumber Peluang Usaha bagi seseorang untuk mendapatkan Ide. Faktor Internal sebagai subjek sedangkan faktor Eksternal Sebagai Objek.

Namun dulur dapat menciptakan sebuah produk atau usaha yang bernilai melalui beberapa hal berikut ini :

  1. Inovasi dan kreativitas
  2. Menjadikan tantangan dan permasalahan sebagai peluang
  3. Menciptakan pasar dengan penemuan baru

Setelah kita menemukan peluang usaha yang bisa memenuhi kebutuhan pasar, maka tahap selanjutnya yang bisa kkita lakukan adalah melakukan identifikasi serta evaluasi resiko yang mungkin terjadi terhadap usaha yang nantinya akan kita pilih.

Baca Juga ; Usaha Potensial di Desa

Untuk mendapatkan hasil evaluasi yang baik sebaiknya sedulur semuanya memperhatikan beberapa hal berikut ini;

  1. Mengurangi resiko dengan strategi yang proaktif
  2. Menyebar resiko pada resiko yang paling mungkin terjadi
  3. Mengelola resiko pada hal yang mendatangkan nilai atau manfaat

Nah itu tadi adalah sedikit pembahasan dari Masmoe mengenai Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal & Internal. Semoga apa yang kami bagikan ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk dibagikan ke temen-temenya ya lur. Salam (Ahmad Fahrudin)


Seorang yang Hobi Menulis, memulai hidup dari Blora kemudian sekarang menetap di Kota Istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.