Wabah virus Corona (Covid-19) belum juga hilang dari Indonesia. Informasi terkini, sudah terdapat 8.000-an kasus yang terjadi di tanah air menjelang akhir April 2020. Tentu hal ini membuat aktivitas di rumah saja menjadi diperpanjang. Salah satunya adalah kegiatan belajar-mengajar di sekolah maupun perguruan tinggi.

Adanya penerapan physical distancing dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tiap daerah, membuat kegiatan belajar-mengajar dilakukan dari rumah (school from home). Secara otomatis, kegiatan belajar-mengajar tatap muka dialihkan ke belajar-mengajar online. Banyak media online yang digunakan oleh para pengajar agar kegiatan belajar-mengajar ini tetap berlangsung. Antara lain WhatsApp, Zoom, Live Streaming YouTubeSchoology, Google Classroom, dan lain-lain. Itulah manfaat e-learning bagi pelajar di tengah pandemi Covid-19.

Di situasi yang tidak kondusif karena wabah Covid-19 yang mengharuskan pelajar belajar dari rumah, kehadiran e-learning menjadi solusi terbaik untuk dunia pendidikan. E-learning merupakan media belajar yang relevan dengan situasi saat ini. Dengan demikian, pengajar dan pelajar dapat mengajar dan belajar di mana saja dan kapan saja.

Ada banyak manfaat e-learning bagi pelajar di tengah pandemi Covid-19. Pertamae-learning membantu kegiatan belajar-mengajar tetap berlangsung sehingga pelajar tetap bisa belajar dari rumah. Pelajar tidak perlu khawatir ketinggalan pelajaran di sekolah atau kampusnya.

Kedua, pelajar bisa mengakses e-learning kapan pun dan di mana pun dirinya berada. E-learning ini sangat praktis dan fleksibel, sehingga memudahkan pelajar untuk mengaksesnya.

Ketigae-learning dapat mendorong pelajar untuk kreatif dan inovatif. Para pelajar memiliki inisiatif untuk mengembangkan pemikirannya melalui analisisnya sendiri. Faktor dari metode belajar yang bervariasi, tentu membuat pelajar untuk berkreasi dalam menganalisis materi yang disampaikan oleh gurunya.

Keempate-learning memberikan pengalaman baru yang menyenangkan. Dengan penyajian materi menggunakan berbagai foto, video, dan audio, maka akan memberikan kesan belajar yang menarik serta asyik untuk pelajar. Selain itu, pelajar bisa merekam dan menyimpan materi dari gurunya dalam bentuk digital.

Itulah manfaat e-learning! (Ayu Restianti)


administrator

Pecinta sepak bola yang gemar membaca dan menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.