Tips Pencegahan Virus Corona yang Efektif

Tips Pencegahan Virus Corona yang Efektif

Selamat siang sahabat, Virus Corona menjadi salah satu tragedi global dan telah menyerang ratusan ribu orang diseluruh penjuru dunia. Banyak negara yang sudah menetapkan status Lockdown seperti di China dan Italia. Namun bagaimana Tips Pencegahan Virus Corona agar kita yang sehat ini tidak tertular?

Virus Corona yang sudah menyerang berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa dewasa ini sudah mulai masuk ke negara kita Indonesia. Hari ini sudah diumumkan oleh Pemerintah Pusat bahwa Virus Corona di Indonesia sudah menyerang ratusan Orang di berbagai penjuru negeri ini. Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja dan berbagai kota lain di Indonesia sudah terkena dampaknya.

Bahkan ada beberapa daerah di Indonesia yang sudah menerapkan Lockdown dan mengurangi atau menunda berbagai macam event yang mengundang masa besar termasuk Sepakbola. Namun sahabat tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa sahabat lakukan guna mencega terinfeksi Virus Corona ini.

Dikutip dali alodokter.com, penyebab dari wabah virus Corona ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Infeksi Virus Corona pertama kali ditemukan dan disebut COVID-19 ini pertama kali di Kota Wuhan China. Sekarang sudah banyak negara yang sudah terinfeksi Virus ini termasuk negara kita Indonesia.

Tips Pencegahan Virus Corona

Virus Corona ini diperkirakan berawal dari hewan seperti kelelawar dan unta. Virus Corona ini bisa menular dari hewan ke Manusia serta dari Manusia ke Manusia. Penularan antar manusia ini bisa terjadi melalui berbagai media. Seperti berjabat tangan, bersentuhan, menggunakan fasilitas umum karena sudah terinfeksi terlebih dahulu.

Pada awalnya jika seorang sedang mengalami gejala Virus Corona ini seseorang akan mengalami gejala seperti Flu. Deman, Batuk, Pilek namun yang membedakannya adalah seorang yang positif terkena Virus Corona akan merasa sesak nafas akibat infeksi pada paru-paru.

Berikut ini adalah Langkah-langkah Tips Pencegahan Virus Corona :

  1. Rajin Cuci Tangan dengan sabun dan air bersih mengalir selama 30 detik.
  2. Konsumsi makanan yang Bergizi dan Seimbang ( perbanyak sayur dan buah ).
  3. Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.
  4. Jaga Kebersihan Lingkungan
  5. Tidak Merokok
  6. Hindari Keramaian dan Kontak Fisik
  7. Perbanyak Minum Air Putih ( minimal 8 gelas sehari )
  8. Hindari menyentuh wajah ( terutama Hidung, Mata dan Mulut )
  9. Gunakan Masker bila batuk dan Pilek.
  10. Segera ke Rumah Sakit Rujukan jika Batuk, Pilek, Deman dan Susah Bernafas.
  11. Tutup Hidung dan Mulut dengan tisu ketika bersin dan segera buang ke tempat sampah.
  12. Selalu berdoa semoga kita semua baik-baik saja.

Hingga saat ini, belum ditemukan vaksin atau belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan seseorang dari Virus Corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.

Semoga Tips Pencegahan Virus Corona ini dapat membantu sahabat terhindar dari Virus Corona. Salam 🙂

Seorang yang Hobi Menulis, memulai hidup dari Blora kemudian sekarang menetap di Kota Istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.