Di era kekinian, menjadikan tanaman sebagai elemen interior ruangan kian dianggap modern dan artistik. Tanaman juga bisa menjadi gaya “dekorasi sehat” karena dapat menghasilkan oksigen serta mampu membersihkan polusi dalam ruangan. Oleh karena itu, kehadiran tanaman dalam ruangan dipercaya dapat membuat ruangan tersebut menjadi lebih segar. Warna alami dari tanaman secara visual akan memberikan kesegaran, kesejukan, dan membuat siapa pun yang memandangnya menjadi lebih fresh.

Ketika ingin memilih tanaman, dulur-dulur harus memperhatikan jenis-jenis tanaman yang mampu hidup di dalam ruangan. Ada beberapa jenis tanaman yang mampu bertahan hidup dalam ruangan serta minim perawatan sehingga tak perlu khawatir dalam urusan rawat-merawat. Jenis tanaman ini tentu sangat menguntungkan dan cocok dijadikan sebagai hiasan interior ruangan, terutama bagi dulur-dulur yang tidak begitu memahami soal tanaman.

Buat dulur-dulur yang menyukai kemudahan, berikut 7 tanaman hias yang cocok dijadikan hiasan interior dalam ruangan yang bisa ciptakan kesejukan dalam ruangan :

1. Monstera

Foto oleh Content Pixie dari Pexels
Foto oleh Content Pixie dari Pexels

Monstera (monstera deliciosa) merupakan tanaman hias indoor yang banyak diminati, baik untuk kebutuhan rumah, kantor, kafe, restoran bahkan hotel. Tanaman tropis dari Meksiko ini sangat populer dan memiliki ciri khas pada daunnya. Daun yang lebar, menjari seperti jari tangan, ada lubang-lubangnya membuat tanaman ini mempunyai keunikan yang dapat mencuri perhatian orang.

Meskipun monstera tergolong tanaman tropis, tapi tanaman ini tetap bisa hidup dalam keadaan minim cahaya matahari dan mampu tumbuh di dalam ruangan ber-AC. Perawatannya juga cukup mudah. Tanaman monstera cukup disiram air secara teratur dengan memperhatikan kelembapan ruangan.

2. Sukulen Echeveria

Foto oleh Madison Inouye dari Pexels
Foto oleh Madison Inouye dari Pexels

Tanaman yang bentuknya unik menyerupai bunga mawar ini cocok dijadikan tanaman hias. Sukulen echeveria juga tidak membutuhkan media pot yang besar sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan.

3. Lidah Mertua

Foto oleh Jessica Lewis dari Pexels
Foto oleh Jessica Lewis dari Pexels

Lidah mertua atau disebut juga dengan sansevieria adalah tanam hias yang sudah populer sejak lama dan masih menjadi pilihan favorit sebagai tanaman indoor oleh masyarakat. Lidah Mertua merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Ya, bisa dikatakan tanaman ini bandel, karena tidak ada perlakuan khusus untuk merawatnya. Selain itu, tanaman ini juga memiliki ciri khas pada daunnya yang vertikal seperti jilatan api sehingga menjadikan daya tarik yang khusus.

4. Kaktus

Foto oleh Min An dari Pexels
Foto oleh Min An dari Pexels

Siapa yang tak kenal dengan tanaman kaktus? Tanaman berduri ini termasuk tanaman yang minim perawatan, loh. Kaktus bisa menjadi pilihan favorit bagi dulur-dulur yang sibuk dan sering pelupa untuk menyiram tanamannya. Jangan khawatir, tanaman ini mempunyai keunggulan, yakni tidak membutuhkan air banyak. Kaktus sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari yang berukuran kecil sampai yang tinggi dan besar. Dulur-dulur dapat menyesuaikan bentuk kaktus seperti apa yang cocok untuk menghiasi ruangan. Namun perlu diperhatikan, kaktus ini umumnya memiliki duri sehingga penempatannya sebagai interior rumah harus dihindarkan dari jangkauan anak-anak.

5. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Foto oleh Cecília Tommasini dari Pexels.com
Foto oleh Cecília Tommasini dari Pexels

Lidah Buaya atau juga akrab dengan sebutan Aloe Vera tentu bukan tanaman yang asing buat dulur-dulur. Tanaman ini mudah dijumpai dan ditanam oleh masyarakat karena memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Lidah buaya dipercaya mampu menyembuhkan luka bakar, iritasi kulit, dan bisa menyuburkan rambut. Jenis tanaman ini mudah tumbuh dan juga menyukai cahaya matahari yang tidak langsung sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

6. Sirih Gading

Foto dari Instagram @thejungletruck
Foto dari Instagram @thejungletruck

Sirih gading merupakan jenis tanaman yang minim dalam perawatannya. Hal ini disebabkan karena tanaman ini bisa hidup dengan media tanah maupun air. Tanaman ini banyak digunakan untuk hiasan atau dekorasi ruangan dengan cara memotong batangnya, kemudian dari batang tersebut akan tumbuh akar. Sirih gading sebagai jenis tanaman rambat memudahkan buat dulur-dulur untuk mengkreasikannya di dinding, pilar atau media rambat lainnya. Hmm, selamat mencoba dan berkreasi.

7. Bambu Hoki

Foto dari Instagram @smalltowngreenthumb
Foto dari Instagram @smalltowngreenthumb

Bambu hoki (dracaena sanderiana) atau bambu rezeki dipercaya sebagai tanaman yang mampu membawa keberuntungan. Oleh karena itu, bambu ini diberi nama bambu hoki. Secara umum, ciri khas tanaman ini adalah mempunyai batang yang ramping, dan lebih lentur dari pada bambu pada umumnya. Ciri khas inilah yang membuat batang tanaman ini bisa diatur arah tumbuhnya sehingga memiliki beragam bentuk unik.

Demikianlah 7 tanaman hias yang bisa ciptakan kesejukan dalam ruangan. Segeralah dulur-dulur diskuskan dengan anggota kelurga di rumah atau rekan kerja di kantor, untuk segera mendekor ruangannya menggunakan salah satu dari 7 tanaman hias ini. Selamat mencoba! (Nasrudin Muzakki)


administrator

I like traveling and writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.