Kabar baik untuk dulur-dulur. FKY 2020 digelar meski pandemi Covid-19. FKY kembali hadir untuk warga Yogyakarta.

FKY yang sudah menjadi festival tahunan di Jogja ini kembali digelar untuk menghibur masyarakat di DIY. FKY yang semula lahir sebagai festival kesenian, kini FKY telah menjelma menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta. Di tahun kedua, festival kebudayan FKY 2020 digelar meski pandemi Covid-19 hadir dengan melanjutkan spirit mulanira.

Dikutip dari fkymulanira.com, FKY 2020 digelar meski pandemi Covid-19 kali ini memiliki tema “Mulanira Jilid 2”. FKY 2020 diselanggarakan selama enam hari, mulai tanggal 21 sampai dengan 26 September 2020. “Mulanira Jilid 2” yang menjadi tema dalam FKY 2020 memiliki makna sebagai pengingat bahwa dalam kondisi pandemi masyarakat tetap memiliki ruang dalam mengupayakan produksi pengetahuan dan mempertajam daya literasi atau baca. Selain itu, tema “Mulanira Jilid 2” ini mendorong kita untuk membuat awal yang baru dalam menghadapi era normal baru.

Perlu diingat, pelaksanaan FKY 2020 ini tentunya digelar dengan mengikuti protokol kesehatan dan pemanfaatan teknologi. Pertunjukan dan pameran disajikan dengan konsep daring melalui fkymulanira.com dan luring di televisi maupun radio. Oleh karena itu, website fkymulanira.com menjadi venue utama pelaksanaan FKY 2020 dengan alasan FKY 2020 digelar meski pandemi Covid-19.

FKY 2020 dibuka pada Senin, 21 September 2020 di Museum Sonobudoyo dengan menggelar pertunjukan kolaborasi dengan judul “Langkah Tak Henti”. Acara tersebut menghadirkan bintang tamu Landung Simatupang, Kunto Aji dan Kenali Rangkai Pakai. Selain itu, ada juga pertunjukan tari dari Anterdans.

Meskipun pelaksanaan FKY 2020 banyak digelar secara daring dan luring, khusus untuk pameran seni rupa dapat dilihat secara langsung dengan batasan kunjungan dan protokol kesehatan. Dengan begitu, dulur-dulur dapat menikmati secara langsung detail karya-karya di pameran. Pameran seni rupa “Akar Hening di Tengah Bising” digelar di komplek Museum Sonobudoyo mulai tanggal 21 hingga 26 September 2020. Pameran dibuka pukul 10:00 – 18:00 WIB dengan jumlah pengunjung 30 orang di tiap sesinya. Sebelum masuk museum, dulur-dulur wajib memakai masker dan harus registrasi terlebih dahulu. [Baca Juga : Strategi Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Pasar Tradisional]

Pameran ini menghadirkan 33 seniman dengan ragam sebaran medium mulai dari lukisan, patung, instalasi, fotografi, audio visual, buku, dan performance. Dulur-dulur dapat menikmati pameran ini dengan kunjungan lansung ke Museum Sonobudoyo atau melalui kunjungan virtual di website fkymulanira.com.

Info lengkap pelaksanaan FKY 2020 dapat dulur-dulur akses di fkymulanira.com atau kanal sosial media FKY twitter/instagram @infofky dan di fanpage/youtube: FestivalKebudayaanYogyakarta. (Nasrudin Muzakki)


administrator

I like traveling and writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.